Breaking News:

Berita Banjarbaru

VIDEO Angkutan Massal Gratis Akan Diterapkan di Provinsi Kalsel, Namanya Bus BTS

BPTD Wilayah XV Kalsel akan menyelenggarakan angkutan massal bernama bus BTS gratis untuk layani wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Batola, Banjar, Tala

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID,  BANJARBARU - Menyusul Bus Rapid Transit (BRT), di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan memiliki lagi layanan bus, namanya bus Buy The Service (BTS).

Menarik lagi, ini merupakan angkutan massal gratis yang akan beroperasi di 5 daerah, yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kabupaten Barito Kuala (Batola) atau Banjarbakula.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XV Kalsel, Zulmardi, Jumat (10/9/2021), mengatakan, bus BTS akan melintasi Terminal KM 17–Terminal Simpang Empat ; Taman Siring KM 0 Banjarmasin–Terminal KM 17.

Selain itu, dari Terminal Handil Bakti–Terminal KM 6–Simpang Empat Trans dan Terminal KM 17 Gambut Barakat–Simpang 3 Bentok.

Tarif angkutan bus BTS ini pun gratis karena layanannya sudah dibayar pemerintah pusat, yakni dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jadi, masyarakat bisa memanfaatkannya dengan gratis.

Baca juga: Dapat Tambahan Armada, Dishub Kalsel Rencanakan Aktifkan Koridor Baru BRT Banjarbakula

Baca juga: Terminal Gambut Barakat, Kabupaten Banjar Masih Sepi, BPTD Kalsel Bakal Adakan Tiket Terpadu

Saat ini program BTS Teman Bus, jelas Zul, dalam masa lelang. Seharusnya, bus BTS bisa diluncurkan di September 2021. "Mudah-mudahan di akhir tahun ini," ujarnya.

Lelang tersebut, kata dia, untuk mencari pihak penyedia bus dan layanannya. Rencananya ada 35 unit bus yang akan didatangkan ke Kalsel.

"Jadi, bus dan layanan disediakan pihak ketiga. Nanti, pemerintah pusat yang membayar layanannya," imbuh Zulmardi. 

Dia berharap, semua pihak terkait serta masyarakat mendukung program bus BTS ini, sehingga dapat terealisasi dengan baik demi meningkatkan layanan transportasi massal.

Disampaikannya, penyediaan layanan bus BTS bertujuan mendorong masyarakat agar mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, sehingga dapat memangkas pengaturan ruang jalan, ruang parkir dan waktu.

Suasana Terminal Gambut Barakat (Pal 17) sepi. Meski telah benerapa kali diujicoba pengoperasiannya, tapi hingga sekarang tak kunjung teroperasionalkan.
Suasana Terminal Gambut Barakat (Pal 17) sepi. Meski telah benerapa kali diujicoba pengoperasiannya, tapi hingga sekarang tak kunjung teroperasionalkan. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved