Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Dinas Perdagangan Kalsel Akan Bantu Perajin Tenun Khas Pagatan Kabupaten Tanbu

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, kunjungi perajin tenun pagatan dan berjanji bantu pemasaran, peningkatan keterampilan dan manajemen.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
DINAS PERDAGANGAN KALSEL
Berbagai produk dari kain tenun khas Pagatan, bahkan hingga tas, seperti yang di kawasan Jalan HM Amin, Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), merupakan penghasil olahan kerajinan tangan yang terkenal.

Banyak rumah produksi Kain Tenun Pagatan, termasuk di kawasan Jalan HM Amin, Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanbu

Selain itu, ada pula berbagai produk berbahan dasar Kain Tenun Pagatan, yaitu tas, tempat tisu, tas pinggang, alas dan tutup gelas, baju jadi dan lainnya.

Motifnya pun beragam, termasuk desainnya mulai dari yang klasik hingga bermotif modern. Harganya, bervariasi sesuai kualitas.

Baca juga: Puteri Kebudayaan Kalsel Egha Ajak Milenial untuk Cinta Kebudayaan Daerah

Baca juga: Tenun Kerajinan Kelompok Warga Pulau Panjang Kabupaten Tanahbumbu Bermotif Mangrove

Semuanya merupakan hasil karya warga Kabupaten Tanbu. Di lokasi tersebut juga bisa melihat secara langsung tangan-tangan terampil menggunakan alat tenun tradisional yang terbuat dari bahan kayu.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, menyempatkan diri berkunjung dan berdialog dengan perajin Tenun Pagatan. Sekaligus mengetahui kendala dalam menjalankan usaha. 

"Pastinya kami akan membantu promosi dalam berbagai event dan mencarikan akses pasar yang lebih luas, baik dalam maupun luar negeri, baik offline maupun pasar online. Keterampilan mereka juga perlu kami tingkatkan dengan pelatihan maupun bimtek, termasuk dalam hal mengelola usaha dan pemanfaatan teknologi informasi,"  ujarnya, Jumat (10/9/2021) . 

Pihaknya mengajak untuk bangun sinergitas, membina dan mengembangkannya, baik oleh Pemkab Tanbu maupun Pemprov Kalsel.

Baca juga: Puan Maharani Tak Sungkan Praktik Menenun di Stan Tenun Pagatan

Baca juga: KalselPedia: Kain Tenun Pagatan

"Sembari berharap partisipasi masyarakat untuk menghargai karya sesama warga Kalimantan Selatan dengan  membeli dan menggunakan produk daerah. Ini berarti kita turut membantu meningkatkan pendapatan pelaku UMKM di Kalimantan Selatan," sebutnya.

(Banjarmasinpost /Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved