Breaking News:

Berita Banjarmasin

Napi Lapas Teluk Dalam Banjarmasin Gelar Shalat Ghaib untuk Korban Kebakaran LP Tanggerang

Salat Ghaib dan doa bersama di Lapas Banjarmasin dilaksanakan terkait musibah kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tanggerang.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/frans
Lapas Kelas IIA Banjarmasin melaksanakan Salat Dhuha serta Salat Ghaib. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin menggelar Salat Dhuha sekaligus Salat Ghaib, Jumat (10/9/2021) pagi.

Salat Dhuha sekaligus Salat Ghaib tersebut dilaksanakan di Masjid Baabut Taqwa yang ada di lingkungan Lapas Kelas IIA Banjarmasin.

Kepala Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Porman Siregar menerangkan kegiatan tersebut dilaksanakan terkait dengan adanya musibah kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tanggerang.

Apalagi seperti diketahui kebakaran yang terjadi pada Rabu (8/9/2021) tersebut juga menimbulkan korban jiwa sebanyak 44 orang warga binaan yang menjadi penghuni Lapas Kelas I Tanggerang.

Baca juga: Cegah Kebakaran di Lapas, Kelistrikan Rutan Kandangan Ikut Diperiksa

Baca juga: Antisipasi Risiko Kebakaran di Lapas dan Rutan di Kalsel, Kadivpas: Waspadai Benda Terlarang

"Kita dapat perintah dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) agar melakukan suatu kegiatan seperti Salat Dhuha dan Salat Ghaib," ujar Porman.

Dijelaskan oleh Porman bahwa selain menggelar Salat Dhuha dan juga Salat Ghaib, pihaknya juga menggelar tahlilan.

"Kita tadi juga melakukan tahlilan, dan tadi malam ada yasinan. Dan ini terkait dengan musibah yang melanda Lapas Kelas I Tanggerang," katanya.

Ditambahkan Porman tidak hanya warga binaan yang muslim menggelar kegiatan sekaligus doa bersama tersebut.

Warga binaan yang beragama kristen di lapas yang dikenal dengan Lapas Teluk Dalam Banjarmasin ini, juga menggelar ibadah sekaligus doa bersama.

Baca juga: Pelaku Bunuh Diri Sudah Sehari Hilang Sebelum Ditemukan Tergantung di Pohon dalam Hutan di HSS

Baca juga: Warga Kelayan Barat Banjarmasin Geger, Wakar Ditemukan Meninggal Dunia di Kontrakan

"Tidak hanya yang muslim, warga binaan yang non muslim juga ikut mendoakan saudara kita yang ada di Lapas Kelas I Tanggerang," jelasnya.

Disinggung mengenai antisipasi Lapas Kelas IIA Banjarmasin untuk menghadapi insiden kebakaran seperti di Lapas Kelas I Tanggerang, Porman menerangkan ada beberapa.

Salat Dhuha sekaligus Salat Salat Ghaib ini turut dihadiri oleh jajaran petugas Lapas Kelas IIA Banjarmasin, serta diikuti puluhan warga binaan.

"Kita akan melakukan koordinasi dengan PLN untuk mengecek instalasi listrik di Lapas Kelas IIA Banjarmasin, apalagi lapas ini juga termasuk bangunan tua sehingga instalasi listriknya juga perlu diperbaharui. Dan selain itu dalam waktu dekat kami juga akan melakukan latihan evakuasi apabila terjadi kebakaran," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved