Breaking News:

Berita Kotabaru

PDAM Kabupaten Kotabaru Akan Bangun Sumur Bor di Tiap IPA untuk Tambah Cadangan Air Baku

Manajemen PDAM Kotabaru kerja sama ESDM akan bangun 5 sumur bor di kawasan IPA Gunung Ulin, Gunungsari, Gunung Perak, Gunung Mandin dan Gunung Relly.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
ILUSTRASI - Waduk Gunung Ulin di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pembuatan sumur bor di 30 lokasi oleh PDAM, bekerja sama BPBD, salah satu upaya mengatasi krisis air bersih masyarakat Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, saat kemarau.

Berdasarkan keterangan Plt Direktur PDAM Kotabaru, Tri Basuki, Jumat (10/9/2021), mengatakan, pembuatan sumur bor secara swakalola dengan BPBD Kotabaru sudah berlangsung lebih kurang dua bulan.

Kini, pekerjaan sudah di lokasi yang keempat, namun masih di wilayah Kecamatan Pulaulaut Sigam.

Mempercepat pembuatan semua sumur bor, pihaknya juga bekerjasama dengan PT Sebuku Tanjung Coal (STC) yang memiliki peralatan lengkap agar pekerjaan lebih cepat dan hasil pun maksimal.

"Peralatan dimiliki BPBD sangat terbatas dan kedalamannya pun terbatas. Tapi dengan kerja sama PT Sebuku Tanjung Coal, mudah-mudahan hasil didapat maksimal," ucapnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: Cegah Krisis Air Kemarau, PDAM Kotabaru Targetkan 30 Titik Pembuatan Sumur Bor

Baca juga: Tim PDAM Kotabaru Kerja Ekstra Minimalisir Gangguan Distribusi ke Pelanggan

Ia optimistis pembuatan sumur bor di 30 lokasi di Kecamatan Pulaulaut Sigam dan Kecamatan Pulaulaut Utara  selesai sesuai target paling cepat hingga akhir Desember 2021.

Selain itu, PDAM Kotabaru juga akan kerja sama dengan ESDM untuk membuat 5 sumur bor, yaitu di kawasan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Gunung Ulin, Gunungsari, Gunung Perak, Gunung Mandin dan Gunung Relly.

Dengan dibangunnya sumur bor di lima lokasi  IPA tersebut, berfungsi untuk menambah cadangan air baku yang akan didistribusikan ke pelanggan. Namun, airnya akan diolah sesuai standar.

Upaya lainnya, lanjut Tri Basuki, membangun 3 reservoir. Rinciannya, salah satu berkapasitas 1.500 meter kubik dan dua lainnya 1.000 meter kubik dengan menggunakan teknologi glass steel.

"Reservoir salah satu mengurangi dampak kemarau. Jadi, PDAM nantinya punya simpanan air. Dengan tiga buah reservoir, totalnya cadangan air baku 3.500 meter kubik," sebut Tri Basuki.

Baca juga: Rehabilitas Embung Tirawan Mulai Dikerjakan, PDAM Kotabaru: IPA Gunung Rely Siap Distribusikan

Baca juga: PDAM Kotabaru Kalsel Harus Tambah Penampungan dan Sumber Air Baku

Dengan 3.500 meter kubik air cadangan tersimpan di reservoir, dengan rasio penggunaan air oleh pelanggan rata-rata 200 liter atau satu drum setengah, masih belum sampai satu meter kubik. 

"Kalau ambil setengahnya saja, sekitar 7.000 pelanggan, bisa terlayani. Dan, sumur bor di IPA bersifat jangka  menengah," pungkasnya. 

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved