Breaking News:

Berita Banjarbaru

PLN Mitigasi Kelistrikan Saat Musim Hujan

Petugas PLN pangkas pohon dekat kabel listrik di Jalan Simpang Tahura, Awang Bangkal, Kiram, Mandiangin, Karang Intan, Lihung, Lok Tangga dan sekitar.

Editor: Alpri Widianjono
PT PLN (PERSERO) UIW KSKT
Petugas memangkas pohon untuk menjaga keandalan pasokan listrik kepada pelanggan PLN. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - UPT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) memastikan sejumlah upaya untuk menjaga keandalan kelistrikan dilakukan jelang memasuki fase musim penghujan.

Salah satunya adalah menggelar kegiatan pemeliharaan jaringan listrik.

Senior Manager Distribusi PLN UIW Kalselteng, Dian Herizal, mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan tindakan preventif untuk menghindari gangguan suplai listrik akibat gangguan alam.

Khususnya ranting pohon yang bersentuhan dengan jaringan listrik, maupun akibat kerusakan peralatan akibat cuaca buruk yang biasa terjadi saat musim hujan.

"Saat ini sudah memasuki musim hujan dan potensi gangguan keandalan pasokan listrik akan lebih tinggi dari hari biasanya," ungkap Dian, Sabtu (11/9/2021).

Lebih lanjut dirinya memaparkan saat musim hujan potensi angin kencang dan curah hujan tinggi sangat besar, serta berpotensi mengakibatkan pohon tumbang yang bisa menimpa jaringan distribusi listrik.

"Potensi gangguan di musim hujan sangat tinggi, sehingga apabila terjadi pohon tumbang maka jaringan distribusi dan keandalan listrik akan terganggu," papar Dian.

Dia menambahkan, PLN telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan jaringan listrik di sekitar wilayah Kabupaten Banjar yang meliputi meliputi daerah Jalan Simpang Tahura, Awang Bangkal, Kiram, Mandiangin, Karang Intan, Lihung, Lok Tangga dan sekitarnya, Jumat (10/9/2021) sore.

Selama satu minggu terakhir, PLN juga terus melaksanakan pemeliharaan jaringan listrik mulai dari Banjarmasin, Banjarbaru, Gambut, Marabahan, Pelaihari dan sekitarnya.

Kegiatan pemeliharaan jaringan listrik yang dilakukan meliputi penyisiran jaringan, pemantauan kabel konduktor, memperbaiki atau mengganti peralatan jaringan, melakukan pemangkasan ranting pohon.

Juga, pemasangan alat untuk mencegah binatang naik ke jaringan yang dianggap berpotensi besar menyebabkan gangguan suplai listrik.

“PLN sedang gencar melaksanakan pemeliharaan, dimana hampir 3 bulan ini gangguan Banjarmasin dan sekitarnya diakibatkan oleh hewan, pohon dan peralatan, kondisi di akhir tahun ini banyak tempat mengalami curah hujan yang sangat tinggi sehingga kami harus anstisipasi untuk memastikan pasokan listrik ke masyarakat,” Jelas Dian.

Saat ini, lanjutnya, PLN terus berupaya keras untuk terus meningkatkan keandalan pasokan listrik di masa pandemi Covid-19.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat atau pelanggan, apabila mengetahui adanya ranting pohon yang akan menyentuh jaringan dan dianggap membahayakan, bisa melaporkan ke PLN.

“Kami berharap partisipasi masyarakat untuk mengikhlaskan pohon yang sudah mendekati jaringan untuk ditebang guna menjaga keandalan listrik, apabila masyarakat menemukan pohon sudah mendekati jaringan bantu kami, dengan melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau kontak center 123,” pungkas Dian. (aol/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved