Breaking News:

Berita HST

Relawan HST Terjun Galang Dana, Seribu Paket Sembako Siap Disalurkan untuk Korban Banjir Kalteng

Relawan HST terjun ke lapangan menggalang dana untuk korban banjir Kalteng. Kini, mereka siap menyalurkan seribu paket sembako

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/hanani
Kegiatan pengemasan paket bantuan oleh relawan Balakar 654 Murakata hasil donasi masyarakat HST dan daerah Banua Anam lainnya untuk korban bencana banjir di Kalimantan Tengah Minggu (12/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Meski baru bangkit dari keterpurukan pasca banjir bandang 14 Januari 2021 lalu, masyakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) tetap menujukkan rasa solidaritas terhadap masyarakat Kalimantan Tengah yang saat ini mengadapi bencana banjir besar.

Melalui para relawan yang menggalang donasi di lapangan, warga HST memberikan sumbangan baik berupa uang, barang maupun makanan.

Donasi yang digalang sejumlah relawan seperti Tagana, Orari Lokal Barabai, Mahasiswa HST, BPBD HST, sejumlah BPK serta kalangan lainnya tersebut dikoodinir Balakar 654 Murakata.

Semua bantuan yang dihimpun dikelola organisasi pemadam kebakaran tersebut bekerjasama dengan Pemkab HST.

Baca juga: Perjuangan Aliansi Tabalong Distribusikan Bantuan Banjir Kalteng, Tertahan 6 Jam di Bukit Rawi

Baca juga: VIDEO Banjir Kalteng, Luapan Air Sungai Kahayan Rendam Permukiman Warga Palangkaraya

Baca juga: Oi Banjarmasin Turun ke Jalan Galang Dana untuk Banjir Kalteng

Pantauan banjarmasinpost.co.id, Minggu (12/9/2021) Posko Balakar 654 Murakata yang berlokasi di Kompleks PU sampig Kator Satpol PP tersebut menjadi pusat penyerahan hasil donasi.

Sejumah relawan pun terlihat sibuk mengemas bantuan makanan berupa beras, minyak goreng, mie instan, sarden, makanan siap saji, obat-obatan, serta barang kebutuhan lainnya menjadi paket sembako.

“Berbagai jenis bantuan makanan dan sembako ini kami jadikan 1000 paket sembako untuk memudahkan Posko di Kalteng membangikan kepada keluarga yang membutukan,”kata Sekretaris Balakar 654 Murakata, H Hernadi kepada banjarmasinpost.co.id.

Dijelaskan, bantuan yang terkumpul di posko merupakan hasil penggalangan selama lima hari yang lalu, melalui kerjasama dengan para relawan dari berbagai organisasi.

Sampai Minggu siang terkumpul uang tunai Rp 74 juta dan bantuan dala bentuk barang Rp 106 juta. Bantuan tak hanya dari masyarakat HST, tapi juga dari Tabalong, Balangan dan HSU yang mempercayakan kepada kami untuk mengelola dan menyalurkannya,”kata Hernadi.

Mengenai penyalurannya, bakal dilaksanakan dalam waktu dekat langsung oleh pengurus Balakar ke lokasi korban bencana.

Baca juga: Amankan Keselamatan Warga Terdampak Banjir Kalteng, PLN Lakukan Pemutusan Aliran Listrik Sementara

“Tentunya kami akan berkoordinasi dengan Posko relawan dan pemerintahan di Kalteng, agar bantuan tepat sasaran,”kata Hernadi.

Ditambahkan, sebelum penyaluran dilakukan ke Kalteng yang dijadwalkan Senin atau Selasa besok, pihaknya masih menerima donasi masyarakat. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved