Breaking News:

Rakat Mufakat

Bupati HSS Sampaikan Nota Keuangan APBD Tahun 2022

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry, menyampaikan Nota Keuangan dan Raperda APBD Tahun Anggaran (TA) 2022

Penulis: Eka Pertiwi | Editor: Eka Dinayanti
Prokopim Setdakab HSS
Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry, menyampaikan Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran (TA) 2022 dalam Rapat Paripurna 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry, menyampaikan Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran (TA) 2022 dalam Rapat Paripurna yang digelar DPRD HSS, Senin (13/9/2021).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD H Akhmad Fahmi, didampingi oleh Wakil Ketua I Rodi Maulidi dan Wakil Ketua II H Muhammad Kusasi.

Rapat paripurna tersebut juga dihadiri oleh unsur Forkopimda HSS, Sekdakab HSS dan para pimpinan OPD lingkup HSS

Rapat Paripurna yang digelar DPRD HSS
Rapat Paripurna yang digelar DPRD HSS (Prokopim Setdakab HSS)

Bupati HSS, Achmad Fikry menyampaikan, tema pembangunan RKPD Tahun 2022 sesuai dengan RPJMD HSS 2018-2023 yakni Pemantapan Kontribusi Sektor Pertanian dan Pariwisata Terhadap Perekonomian Regional dan Pemerataan Pendapatan Masyarakat.

Namun adanya pandemi Covid-19 di Negara Indonesia secara keseluruhan mengharuskan pemerintah pusat termasuk pemerintah daerah melakukan berbagai kebijakan.

Hal ini untuk penanganan dampak pandemi Covid-19 di bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Menurutnya, tiga bidang ini menjadi acuan dalam merancang penyesuaian atas kerangka strategi dan arah kebijakan dalam menentukan prioritas dan sasaran pembangunan HSS tahun 2022.

Rapat Paripurna yang digelar DPRD HSS
Rapat Paripurna yang digelar DPRD HSS (Prokopim Setdakab HSS)

Berdasarkan hal tersebut, ia menyatakan tema pembangunan HSSS Tahun 2022 disesuaikan menjadi Memantapkan Pemulihan Ekonomi dan Sosial yang Berkontribusi Terhadap Pemerataan Pendapatan Masyarakat dengan Memperhatikan Lingkungan.

Adapun prioritas pembangunan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah yakni usaha mikro kecil dan industri kecil.

Kemudian, investasi hilirisasi industri, pariwisata, dan pertanian dan yang ketiga kesehatan, pendidikan dan keterampilan.

Ia berharap pembahasan Raperda APBD 2022 tersebut segera diproses dan dijadikan prioritas bersama DPRD.
Sehingga pada waktunya ditetapkan menjadi APBD Tahun 2022.

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry
Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry (Prokopim Setdakab HSS)

“Insyaalah pendapatan APBD kita akan meningkat lebih 30 persen. Namun kita juga harus mengikuti ketentuan pemerintah pusat untuk menyiapkan anggaran tidak terduga tahun 2021 antara lima sampai 10 persen untuk antisipasi bencana termasuk Covid-19," katanya.

Ia juga mengatakan walaupun APBD HSS masih dalam suasana prihatin.

Namun target-target untuk mensejahterakan masyarakat terus dipacu.

"Semoga pembahasan ini berjalan dengan lancar hingga pada 1 Januari 2022 kami sudah mulai bekerja sesuai dengan arahan presiden. Kami akan merancang pengadaan barang dan jasa agar 1 Januari 2022 sudah bisa berjalan karena cepat APBD berjalan maka roda ekonomi akan berputar," jelasnya. (AOL)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved