Breaking News:

Berita Kotabaru

LSM Dampingi Dinas LH Kabupaten Kotabaru Ambil Sampel yang Diduga Tercemar

LSM Akgus bersama petugas DLH Kabupaten Kotabaru ambil sampel air dari PT SDO Pulaulaut Refinery di Desa Sungaitaib yang diduga cemari lingkungan.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Sejumlah anggota LSM dan nelayan kembali berunjukrasa ke PT Sime Darby Oils (SDO) Pulaulaut Refinery di Desa Sungaitaib, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Senin (13/9/2021).

Sebelumnya, LSM Akgus (Anak Kaki Gunung Sebatung) tersebut bersama sejumlah nelayan menggelar aksi yang sama saat Kamis (9/9/2021) terkait pengelolaan limbah. 

Aksi unjukrasa berlangsung di depan portal masuk perusahaan, membawa karton berisi bermacam tulisan, di antaranya, "Perusahaan SDO tolong jangan cemari laut kami, di situ rezeki kami".

Puluhan pengunjukrasa melalui koordinator lapangan, Hardiyandi, mendesak Polres Kotabaru mengusut  dgaan pencemaran limbah.

Setelah melakukan orasi, Hardiyandi didampingi orator lainnya, MS Malikan, menyampaikan pernyataan sikap.

Baca juga: Gabungan Nelayan dan LSM di Kabupaten Kotabaru Gelar Unjuk Rasa Damai

Antara lain, apabila dalam pengambilan sampel hasilnya terbukti ada pencemaran, maka perusahaan bersedia dituntut sesuai hukum yang berlaku. Kemudian, DLH Kotabaru melakukan pemeriksaan.

Selanjutnya, polisi agar segera bertindak ini dan apabila tidak ada maka massa lebih banyak lagi akan turun lagi.

Setelah itu, disepakati pengambilan sampel yang melibatkan pihak DLH, Kapolsek Pulaulaut Utara dan perusahaan. Selanjutnya, tetap berkoordinasi dengan DLH Kotabaru dan memfasilitasi ke Dinas LH Kalsel.

"Ini jangan lengah. Bukan tidak percaya dengan DLH Kotabaru tapi bisa saja bulan jadi bintang, bintang jadi bulan," pungkas Hardiyandi. 

Sementara itu, Kasi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan DLH Kotabaru, Hj Rabiatul Adawiyah,  mengatakan pihaknya sudah mendampingi pengambilan sampel di lokasi yang pengunjukrasa duga tercemar.

Baca juga: Tim Macan Kalsel dan Buser Polres Kotabaru Bekuk Pelaku Penganiyaan

Baca juga: Percepat Pembuatan Sumur Bor, PDAM Kotabaru Gandeng PT STC

Sementara itu, Humas PT SDO Pulaulaut Refinery, Kusdaryanto, mengatakan, pihaknya mengizinkan pengambilan sampel sesuai kesepakatan sebelumnya. 

Pengambilan sampel didampingi Kapolsek Pulaulaut Utara, Iptu Yacob Sihasale, DLH Kotabaru dan perwakilan pengunjukrasa.

"Sudah dijelaskan secara teknis dan pada prinsipnya kita welcome saja apa yang diinginkan teman-teman," ucap Kusdaryanto. 

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved