Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pemadam Kebakaran Bakal Jadi SKPD di Banjarmasin, Dispora dan Disdbudpar Digabung

Penetapan perubahan Perda akan membuat Damkar di Kota Banjarmasin nantinya menjadi dinas tersendiri dan tidak lagi bergabung dengan Satpol PP.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina akan membentuk Dinas Pemadam Kebakaran dan menggabungkan Dispora dengan Disbudpar, Senin (13/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Wacana untuk membentuk Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) atau dinas khusus terkait Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kota Banjarmasin, rupanya bakal terealisasi.

Wacana tersebut disetujui melalui rapat paripurna, terkait persetujuan penetapan perda tentang perubahan atas Perda Kota Banjarmasin Nomor 7 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.

Adanya persetujuan bersama sekaligus penetapan perubahan Perda ini, maka Damkar pun nantinya akan menjadi dinas tersendiri dan tidak lagi bergabung dengan Satpol PP.

"Di 2022, kami inginkan dibentuk Dinas Damkar, terpisah dari BPBD dan juga dari Satpol PP," ujar Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat menghadiri rapat paripurna di DPRD Banjarmasin, Senin (13/9/2021).

Dijelaskannya, menjadikan Damkar sebagai dinas merupakan perintah dari Permendagri.

Baca juga: Sempat Mencapai 90 Orang, Pasien Covid-19 di RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin Tersisa 5 Orang

Baca juga: PPKM Level 4 Banjarmasin Perparah Anjloknya Pemintaan Kue Kering, Begini Penuturan Pengrajin

"Itu perintah dari Permendagri hasil Rakornas Damkar se Indonesia beberapa tahun lalu di Riau. Kemudian dituangkan tuntutan agar masing-masing daerah membentuk dinasnya. Dua tahun ditunggu ternyata Permendagrinya pun keluar," ujarnya.

Membentuk dinas khusus Damkar ini memang sudah ideal agar bisa lebih efektif menjalankan tugasnya.

"Kalau dengan beban tugasnya hari ini, tentu akan efektif. Di Banjarmasin terjadi kebakaran hampir setiap hari,. Kemudian juga untuk membina dan mengelola sumber daya masyarakat berupa Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) yang jumlahnya lebih dari 500," jelasnya.

Meskipun akan membentuk dinas baru, namun Ibnu pun membeberkan bahwa melalui Perda yang disetujui tersebut akan ada dua dinas yang akan digabungkan.

Dua dinas dimaksud adalah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Baca juga: Tabrakan Kapal di Tabanio Kabupaten Tala Kalsel, Haluan Vessel Kontainer Berlubang

Baca juga: Tabrakan Dua Kapal Besar di Perairan Tabanio Kabupaten Tala Kalsel

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved