Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Semua Aparat Desa Hingga TPD di Kabupaten Tanbu Dapat Jaminan Kerja dari BPJS

Aparat desa hingga TPD di Kabupaten Tanbu akan mendapat santunan dari BPJS yang dikoordinasikan melalui Dinas PMD, yaitu JKK, JKN dan JHT.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MAN HIDAYAT
Penghargaan diberikan BPJS Ketenagkerjaan ke Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), dr HM Zairulah Azhar, Senin (13/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, jalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk seluruh perangkat desa hingga Tim Penggerak Desa (TPD).

Untuk pertama kalinya, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengkoordinasi agar seluruh perangkat desa dan kelembagaannya mendapatkan jaminan keselamatan.

Kesepakatan kerja sama itu dihadiri Bupati Tanbu Zairullah Azhar, Sekda Tanbu Dr H Ambo Sakka, didampingi Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanbu Samsir, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tanbu, Murniati, Senin (13/9/2021).

Saat itu pula, bertempat di Aula Bersujud I Pemkab Tanbu, BPJS memberikan penghargaan kepada Bupati dan PMD atas kerja samanya. Penghargaan ini sebagai apresiasi karena sudah ikut kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: PPKM di Tanbu Turun ke Level 3, Zairullah Sebut PTM Digelar Senin Depan

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanbu Berharap Embung di Angsana Tidak Jebol

Menurut Samsir, saat ini semua aparatur desa, RT dan sekretaris RT, BPD hingga TPD sudah terakomodasi  sehingga ada jaminan dalam melaksanakan pekerjaannya.

Sebelumnya, hanya ada beberapa desa yang ikut. Misalnya saja di Desa Setarap yang Kepala Desanya, Rasdi,  meninggal dunia beberapa bulan lalu, ahli waris mendapatkan santunan Rp 42 juta dari JKK dan JKN.

"Kami inginkan agar semuanya punya jaminan keselamatan kerja bagi kepala desa dan aparatnya, BPD hingga TPDnya. Kami bantu koordinasikan agar semuanya tercover karena sebelumnya hanya ada beberapa desa saja," katanya.

Ada 3 program dari BPJS Ketenagakerjaan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKN) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Baca juga: VIDEO Polda Kalimantan Selatan Sita Pabrik dan Lahan Sawit di Kabupaten Tanbu

Baca juga: VIDEO Menengok Warung Makan Gratis Muroqobah Plajau Simpangempat Tanbu

Sementara itu, untuk dana desa dari ADD hanya mengcover 2 program saja, yakni JKK dan JKN. Sedangkan  JHT dipotong dari gaji masing-masing yang akan menjadi tabungannya.

"Sekarang, dengan dikoordinisikan PMD, maka akan mempermudah dalam memonitoring dan akan memudahkan mengklaim tanpa turun langsung. Karena, Dinas PMD yang akan mengurus, seperti beberapa kasus yang sudah pernah diklaim," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved