Breaking News:

Berita Balangan

VIDEO Longsor di Tarangan Kabupaten Balangan Sisakan Badan Jalan Hanya 1 Meter

Jalan yang longsor di Desa Tarangan RT 1, Kecamatan Paringin Selatan terjadi pada akhir 2017 dan tak kunjung ditangani Pemkab Balangan, Kalsel.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Jalan Desa Tarangan RT 1, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, kini semakin mengkhawatirkan untuk dilintasi.

Pasalnya, longsor yang terjadi pada akhir 2017 dan menyebabkan Jalan Rusak, tak kunjung diperbaiki.

Pernah ada pemasangan siring pada bagian sisi jalan, siring dari bahan seng yang kemudian diuruk tanah.

Namun rupanya tak berlangsung lama, siring itu juga runtuh, tak mampu menahan beban tanah di jalan yang berada di bantaran sungai tersebut.

Sisa-sisa bangunan siring masih ada sebagian yang terlihat, namun telah ditumbuhi tanaman merambat.

Baca juga: Penuhi Syarat PTM, SMPN 3 Paringin Kumpulkan Orangtua Siswa Minta Persetujuan Vaksinasi

Baca juga: Pemusnahan Barbuk di Kejari Balangan, 27,74 Gram Sabu Diblender dan 35 Unit HP Dihancur

Kini, jalan longsor penghubung antar kabupaten ini semakin mengkhawatirkan untuk dilewati. Apalagi bagi pengendara roda empat.

Rusaknya jalan di Desa Tarangan Balangan yang begitu nampak, belum lagi aspalnya yang retak, membuat jalan ini semakin menyempit.

Kerusakan jalan menyisakan hanya 1 meter bagian ruas jalan aspal yang masih bisa dijalani dan anjangnya sekitar 80 meter lebih.

Begitulah yang disampaikan Kepala Desa Tarangan, Suriani, Senin (13/9/2021). Dulu pernah menjadi akses bagi truk yang melintas dari Paringin ke Kota Amuntai atau pengalihan arus apabila jalan di Desa Hujan Mas ditutup.

Namun kini, tak lagi bisa dilewati truk. Bahkan pengendara roda dua saja harus memperhatikan jalannya.

Kepala Desa Tarangan, Suriani, menjelaskan tentang longsor yang terjadi dan harapan warga agar Pemerintah Kabupaten Balangan bisa memperbaiki, Senin (13/9/2021).
Kepala Desa Tarangan, Suriani, menjelaskan tentang longsor yang terjadi dan harapan warga agar Pemerintah Kabupaten Balangan bisa memperbaiki, Senin (13/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved