Breaking News:

Yayasan Adaro Bangun Negeri

Guru PAUD di Kabupaten Murung Raya Cair Sinyal dI Tengah Banjir

Banjir melanda wilayah Kabupaten Murung Raya, guru PAUD tetap ikut pelatihan yang diadakan Adaro meski sinyal sulit, jalan 1,5 km dan berperahu 10 km.

Editor: Alpri Widianjono
YAYASAN ADARO BANGUN NEGERI
Guru PAUD di Kabupaten Murung Raya cair sinyal, saat banjir melanda daerahnya, supaya tetap bisa mengikuti pelatihan yang diadakan Adaro bersama Indonesia Heritage Foundation (IHF) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - "Apapun dan dimanapun, jika itu bisa bermanfaat bagi anak-anak didik, semua akan kami lalui," ucap Dayah, guru PAUD An-Nida 10. 

Di masa pandemi, guru dituntut untuk berinovasi membuat pelajaran yang mudah bagi anak didik dan ramah bagi orang tua, tapi bidang pengembangan anak tetap terasah. 

Demi mencapai tujuan tersebut, maka guru-guru PAUD di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, rela mengikuti training meskipun dengan segala keterbatasannya. 

Di tengah kepungan banjir, guru-guru PAUD ini dengan semangat dan antusias mengikuti pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Belajar Dari Rumah (PHBK BDR).

Kegiatan tersebut diselenggarakan Adaro bersama Indonesia Heritage Foundation (IHF). Walaupun di saat bersamaan, ada bencana alam yang menimpa desanya. 

Pagi-pagi sekali, Dayah beserta tiga rekannya sudah bersiap menuju tempat salah satu teman yang memiliki jangkauan sinyal internet terbaik. 

Mereka bertiga naik sampan yang biasa disebut sebagai getek. Ini jadi alat transportasi Dayah, menyusuri sungai, menuju tempat yang bebas banjir dan memiliki kualitas internet yang lancar guna mengikuti pelatihan PHBK BDR.

“Kami bertiga menaiki getek untuk menuju rumah rekan kita di hulu sungai, di sana sinyalnya lebih bagus” ucapnya.

Pahlawan tanpa tanda jasa ini mengaku bahwa kedalaman banjir mencapai 1,5 meter, ditambah lemahnya akses internet di desanya menjadi alasan utama dirinya bersama guru PAUD yang lain rela menyusuri Sungai Barito sepanjang 10 kilometer. 

Guru PAUD lainnya juga harus berjuang agar bisa mendapatan pengetahuan dan wawasan dalam penerapan pendidikan karakter bagi anak didiknya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved