Breaking News:

Bumi Saijaan

Kabupaten Kotabaru Terima Penghargaan Peringkat Pertama Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi

Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Ir Hairuddin, menerima penghargaan kabupaten pengekspor tertinggi yang diserahkan Wakil Presiden RI di Jakarta.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono
DISKOMINFO KABUPATEN KOTABARU
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, Ir Hairuddin, saat menerima penghargaan di istana Wakil Presiden RI, Senin (13/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru melalui Dinas Pertanian, menerima penghargaan dari Kementerian Pertanian, Senin (13/9/2021). 

Penghargaan diterima Pemkab Kotabaru diwakili Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Ir Hairuddin, berlangsung di istana Wakil Presiden RI.

Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), sebagai peringkat pertama kabupaten dengan ekspor komoditas pertanian tertinggi. 

Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Ir Hairuddin, mengatakan, penghargaan diterima terkait abdi bhakti tani. Kabupaten Kotabaru peringkat I secara nasional ekspor komoditas pertanian penilaian periode Januari 2020 sampai Juni 2021.

Menurut Hairuddin, penghargaan yang diserahkan Wakil Presiden, Kabupaten Kotabaru satu-satunya kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menerima penghargaan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, Ir Burhanuddin (dua dari kiri di barisan belakang), foto bersama Wakil Presiden di istana Wakil Presiden RI, Senin (13/9/2021).
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, Ir Burhanuddin (dua dari kiri di barisan belakang), foto bersama Wakil Presiden di istana Wakil Presiden RI, Senin (13/9/2021). (DISKOMINFO KABUPATEN KOTABARU)

"Kalsel, Kotabaru saja. Jadi di Indonesia itu lima kabupaten, lima provinsi," jelas Hairuddin.

Terkait pemberian penghargaan dua katagori, pertama peningkatan produksi padi terbesar, didapat lima provinsi lima kabupaten. 

Pun, untuk katagori ekspor komoditas pertanian tertinggi juga didapat lima provinsi dan lima kabupaten. "Nah, jadi kita (Kotabaru) termasuk lima kabupaten peringkat, ekspor komoditas pertanian," terangnya. 

Diakui Hairuddin, dengan didapatkannya penghargaan jadi pemicu semangat ke depannya untuk lebih meningkatkan ekspor komoditas pertanian atau paling tidak dipertahankan. 

"Karena pertahankan itu tidak mudah, otomatis perlu konsolidasi kita melihat kondisi di lapangan," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, Ir Burhanuddin (kanan), foto bersama dengan perwakilan daerah lain, usai menerima penghargaan di Istana Wakil Presiden RI, Senin (13/9/2021).
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, Ir Burhanuddin (kanan), foto bersama dengan perwakilan daerah lain, usai menerima penghargaan di Istana Wakil Presiden RI, Senin (13/9/2021). (DISKOMINFO KABUPATEN KOTABARU)

Terurama terkait sumber daya petani, pekebun yang terus digenjot sesuai potensi lahan yang ada di wilayah Kabupaten Kotabaru

Termasuk di sektor-sektor lainnya terkait ekspor misal, sektor pengolahan, komoditas kelapa sawit, karet dan lain-lain. 

Sementara itu,Sekda Kotabaru H Said Akhmad mengatakan bangga dengan prestasi khususnya di sektor pertanian didapat Kabupaten Kotabaru.

"Alhamdulillah, kita bisa mendapatkan penghargaan terkait ekspor komoditas pertanian tertinggi," ucapnya.

Apalagi penghargaan sebagai peringkat pertama, Kabupaten Kotabaru satu-satunya kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang mendapatkan. (aol/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved