Breaking News:

Bumi Tuntung Pandang

Orari Diharapkan Bantu Akses Komunikasi Wilayah Blank Spot Area

Seperti sejumlah daerah lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di Kabupaten Tanah Laut (Tala), hingga kini juga masih ada beberapa tempat

Penulis: Idda Royani | Editor: Edi Nugroho
Diskominfo Tala
Kepala Diskominfo Tala Suharyo memyampaikan arahan saat membuka Musyawarah Lokal ke-X Tahun 2021 Sabtu kemarin di Aula Sarantang Saruntung di lingkungan kantor bupati di kawasan Jalan A Syairani, Pelaihari. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Seperti sejumlah daerah lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di Kabupaten Tanah Laut (Tala), hingga kini juga masih ada beberapa tempat yang belum terakses komunikasi seluler secara lancar.

Karenanya, keberadaan Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) memegang peran cukup penting dalam membantu mengatasi kekuranglancaran wilayah yang masih berada pada kondisi blank spot area (BSA).

Pantauan banjarmasinpost.co.id, beberapa tempat di Tala hingga saat ini memang masih susah sinyal. Contohnya di pedalaman wilayah di Kecamatan Batuampar seperti di Desa Pantailinuh.

Bahkan beberapa waktu lalu sempat viral foto sejumlah pelajar setempat mencari sinyal hingga naik ke dataran tinggi jauh dsri permukiman untuk mengerjakan tugas sekolah.

Baca juga: Pengurus Orari Kabupaten HSS Siap Berperan Aktif Bersama Pemerintah Daerah

Baca juga: Terpilih Jadi Ketua ORARI Lokal HSS, HM Zikri Berharap Bisa berkontribusi Untuk Kemajuan Daerah

Baca juga: Sambut Kunjungan Pengurus Lokal Orari HSS, Bupati Achad Fikry Berikan Arahan Begini

Baca juga: Bupati Arifin Arpan Resmikan Repeater Orari Lokal Tapin di Kecamatan Miawa

Baca juga: Bupati Arifin Arpan Resmikan Repeater Orari Lokal Tapin di Kecamatan Miawa

Sementara itu wilayah paling hulu di Tala yakni Desa Riamadungan di Kecamatan Kintap, memang telah terjamah jaringan telepon nirkabel. Namun ketika listrik padam, turut hilang pula sinyal.

"Kemarin pas saya ke sana, pas duduk di warung, eh listik padam. Jadi, ya otomatis gak bisa lagi buka internet," ucap Rohim, warga Pelaihari, Selasa (14/9/2021).

Pemerintah Kabupaten Tala melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tala menaruh harapan besar pada Orari Kabupaten Tala membantu menjembatani akses komunikasi di wilayah pedalaman.

"Orari Tala kami harapkan dapat terus berperan penuh untuk menyambungkan komunikasi dari daerah perkotaan hingga daerah minim sinyal atau blank spot," ucap Kepala Diskominfo Tala Suharyo.

Hal itu ia sampaikan saat membuka Musyawarah Lokal ke-X Tahun 2021 Sabtu kemarin di Aula Sarantang Saruntung di lingkungan kantor bupati di kawasan Jalan A Syairani, Pelaihari.

Pejabat eselon II ini menuturkan Orari merupakan organisasi yang antik karena memiliki sandi khusus dalam berkomunikasi. Hal itu berpengaruh pula pada keterikatan yang kuat antar anggota sejak dulu hingga sekarang, baik di wilayah kabupaten hingga pusat.

"Peran Orari sangat luar biasa karena bisa menjangkau perkotaan hingga pedesaan bahkan di pegunungan, banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Sebagai organisasi yang sudah berperan mempererat komunikasi masyarakat sejak lama, Suharyo berharap melalui musyawarah kali ini pembaruan anggota dapat berjalan lancar dan perencanaan yang baik untuk kemajuan Orari Daerah Kalsel Lokal Tala ke depannya dapat tercapai.

"Ini merupakan penyegaran bagi organisasi, sifat demokratis sangat kita harapkan untuk memajukan kepengurusan," pesannya.

Acara tersebut dihadiri Ketua Orari Lokal Tanah Laut Yusmi Fahri, Perwakilan Ketua Orari Daerah Kalimantan Selatan M Yunus, para pengurus serta anggota Orari Daerah Kalsel Lokal Tala. (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved