Breaking News:

Berita Banjarmasin

PPKM Banjarmasin Turun ke Level 3,  Wali Kota Ibnu Sina Sebut Akan Lakukan Pelonggaran

PPKM Banjarmasin turun ke level 3. Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengucap syukur dan akan melakukan pelonggaran-pelonggaran

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengucapkan syukur setelah PPKM Banjarmasin turun ke level 3. Ia pun akan melakukan pelonggaran-pelonggaran. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Keinginan Pemko Banjarmasin agar bisa segera keluar dari PPKM Level 4 akhirnya terwujud.

Sekadar diketahui, Banjarmasin termasuk kota yang ditetapkan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) masuk dalam zona PPKM Level 4 bersama puluhan kabupaten dan kota lainnya.

Penerapan atau status PPKM Level 4 ini pun akan berlaku hingga Senin (20/9/2021) atau sekitar satu pekan ke depan.

Namun meskipun masih belum selesai pemberlakuan PPKM Level 4 ini, Banjarmasin diketahui sudah berhasil turun level menjadi PPKM Level 3.

Baca juga: Kotabaru Tertahan di PPKM Level 4, Sekda Sebut Petugas Dinkes Tidak Lakukan Penginfutan Data

Baca juga: Banjarmasin dan Banjarbaru Turun ke Level 3, Kini di Kalsel Tersisa Kotabaru Terapkan PPKM Level 4

Baca juga: Aturan Baru Penerapan PPKM, Bioskop dan Tempat Wisata Mulai Dibuka dengan Berbagai Catatan

Hal ini dibeberkan oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat menggelar konfrensi pers terkait update penanganan Covid-19 dan PPKM melalui kanal youtube Perekonomian RI, Senin (13/9/2021).

Disebutkan oleh Airlangga Hartarto bahwa di Kalimantan Selatan (Kalsel) hanya tersisa satu kabupaten yang berstatus PPKM Level 4 yakni Kotabaru.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina pun langsung mengucap syukur ketika mendengar kabar tersebut.

"Alhamdulillah. Dan memang kasus Covid-19 di Banjarmasin sudah landai sekali," ujar Ibnu saat ditemui di Loby Balaikota Banjarmasin, Selasa (14/9/2021).

Terkait dengan menurunnya status Banjarmasin dari PPKM Level 4 menjadi PPKM Level 3 ini, Ibnu pun menerangkan akan melakukan pelonggaran-pelonggaran.

Misalnya yang menjadi priorotas adalah pelonggaran di sektor ekonomi, seperti mall, cafe, sarana publik hingga tempat wisata.

"Kalau memang sudah turun, kita lakukan pelonggaran-pelonggaran, sektor ekonomi, mall, rumah makan, kafe, sarana olahraga, sarana publik seperti siring maupun 10 destinasi wisata baru di Banjarmasin. Termasuk juga Pembelajaran Tatap Muka (PTM)," katanya.

Baca juga: Kebutuhan Elpiji 3 kg di Kalsel Meningkat Saat PPKM, Pertamina Jamin Pasokan Cukup 

Meskipun demikian, Ibnu juga menerangkan bahwa pihaknya akan terlebih dahulu menunggu Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

"Biasanya kita tunggu terlebih dahulu Inmendagrinya, kemudian menyesuaikan dengan Instruksi Gubernur (Ingub) serta Surat Edaran Wali Kota. Tapi yang terpenting masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved