Breaking News:

Berita HST

Sambut Mensos Risma, Aktivis Meratus Kosim Bacakan Puisi Berjudul Ibu

Qosim aktivis Meratus menyambut kedatangan Mensos Risma dengan membacakan puisi berjudul Ibu

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/hanani
Kosim, tokoh masyarakat Desa Hinas Kiri yang juga aktivis lingkungan menyerahkan puisi yang diberi figura kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini, saat berkunjung ke Danau Canting, Desa Hinas Kiri Kecamatan Batangalai Selatan, Hulu Sungai Tengah KAlsel,Selasa (14/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Selain disambut tarian Dayak Babansai dan Bakanjar, kunjungan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini ke Kampung Danau Canting, Desa Hinas Kiri Kecamatan Batangalai Timur Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan diawali pembacaan puisi oleh Kosim, tokoh desa setempat yang juga aktivis lingkungan yang menggerakkan warga menghijaukan hutan Meratus.

Kosim diberi kesempatan membacakan puisi karyanya, berjudul ibu, yang baitnya mendiskripsikan Tri Rismaharini sebagai Mensos RI yang punya tanggungjawab besar terhadap negara dan sebagai ibu rumah tangga.

Selanjutnya, Kosim juga membacakan puisi berjudul Meratusku karyanya, yang bait-baitnya berisi kegelisahan kondisi hutan Meratus yang terancam.

Bahkan Kosim menyampaikan dasyatnya banjir bandang Januari 2021 lalu dan berharap para pemegang kekuasaan peduili kelestarian “Atap”nya Kalsel tersebut.

Baca juga: Blusukan ke Danau Canting HST, Ini Sejumlah Bantuan yang Diberikan Mensos Risma

Baca juga: Blusukan ke Danau Canting HST Kalsel, Mensos Risma Beri Kesempatan Warga Sampaikan Keluhan

Usai membacakan puisi, Kosim pun menyerahkan tulisan puisi di atas kertas yang diberi bingkai pigura tersebut kepada Tri Rismaharini. Juga kepada Gubernur Kalsel diwakili Staf Ahli Faried Fakhmansyah dan Bupati HST H Aulia Oktaviandi.

Selain aktivivis lingkungan, Kosim merupakan seniman yang meraih berbagai prestasi di bidang kelestarian hutan Meratus. Terakir dia dinobatkan sebagai penyuluh kehutanan swaaya masyarakat (PKSM) terbaik nasional.

Kedatangan Mensos ke desa dusun terpencil yang belum terjamah jarngan listrik dan jaringan seluler itupun disambut antusias masyarakat yag tinggal di rumah bantuan Komunitas Adat Terpencin Kemensos tersebut.

Kesempatan itupun dimanfaatkan warga untuk menyampaikan keluhan mereka terkait fasilitas infrastruktur seperti jalan, jaringan sinternet, fasilitas sekoah, hingga modal usaa untuk beternak dan berkebun jagung.

Warga juga berharap ada bantuan pengembangan wisata ke puncak gunung Halau Halau sebagai puncak tertinggi di Kalsel.

Baca juga: Kepala Desa Bolmong Ketahuan Terima Bansos, Ini yang Dilakukan Mensos Risma

Menteri Sosial pun berjanji akan berupaya memenuhi kebutuhan warga dan meminta stafnya melakukan survey langsung ke lapangan.

Diakhir pertemuan mensos dengan warga sempat diguyur hujan. Setelah berfoto Bersama, Mensos pamit dan Kembali melakukan perjalanan dengan membonceng sepeda motor yang disediakan anggota Polres HST. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved