Breaking News:

Berita Banjarbaru

888 Bantuan PKH di Kalsel Tidak Transaksi, Mensos Risma Minta Diselesaikan

Mensos Risma meminta data tidak transaksi bantuan sosial (Bansos) di Kalsel diselesaikan

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
HUMAS PEMKO BANJARBARU
Menteri Sosial RI, Tri Risma Maharini, saat di Panti Sosial Budi Luhur di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (15/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Adanya penundaan transaksi kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditemukan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini disebabkan banyak faktor.

Bedasarkan data dalam rapat yang diikuti reporter Banjarmasinpost.co.id di Gedung BBPPKS Rabu (15/9/2021) masih ada 888 PKH di Kalsel statusnya tidak transaksi. Serta, 130 lainnya tidak distribusi hingga 16 Agustus 2021.

Data tidak transaksi dan tidak terdistribusi berasal dari delapan kabupaten kota di Kalsel kecuali Kotabaru, HSU, HSS, dan Balangan.

Terpantau berbagai alasan dari pendamping penyebab data tidak transaksi misalnya dari Paramasan Kabupaten Banjar yang geografinya terpencil dan jauh. Akibatnya masih ada data tidak transaksi di Kabupaten Banjar sebanyak 89 dan tidak terdistribusi ada 3.

Baca juga: CEK Bansos PKH September 2021, Bisa Ajukan Bantuan di cekbansos.kemensos.go.id

Baca juga: VIDEO Penyaluran Bansos di Kalsel Terlambat Membuat Mensos Tri Rismaharini Marah

Baca juga: Percepat Penyaluran Bansos, Mensos Risma Minta Bank Himbara dan Pemda Dekatkan Layanan untuk KPM

Sementara pada Tabalong berdasarkan pemaparan pendamping ada ratusan KPM yang meninggal dunia sehingga pada Tabalong ada 307 data tidak transaksi. 

Dalam pemaparan pendamping PKH pihaknya akan segera memproses data tidak transaksi tersebut setelah diminta Risma agar data tidak transaksi bisa diselesaikan.

Selain itu juga ada yang tidak transaksi karena kerusakan mesin EDC.

Sedangkan data tidak realisasi bantuan sembako bulan Juli 2021 posisi 12 September dengan KPM belum transaksi ada Tabalong sebanyak 787 KPM dengan sisa saldo lebih dari Rp 157 juta.

Baca juga: Sambut Mensos Risma, Aktivis Meratus Kosim Bacakan Puisi Berjudul Ibu

Kemudian, Banjarbaru dengan jumlah KPM 369 dengan sisa saldo Rp 73 juta, dan Banjarmasin dengan jumlah 1.683 KPM dengan sisa saldo Rp 336 juta lebih.

Diketahui bantuan sosial dari Kemensos ada beberapa macam yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Bantuan Sosial Pangan (BSP). 
(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved