Breaking News:

Berita Banjarbaru

Bank Sampah Sekumpul Ubah Sampah Jadi Barang Bernilai

Bank Sampah Sekumpul berada di Jalan Pendidikan, Gang Berkat Tawakal, Kelurahan Sekumpul, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel.

Editor: Alpri Widianjono
PT PLN (PERSERO) UIW KSKT
Bank Sampah Sekumpul yang dikelola Koperasi Sirqoh Muawwanah berada di Jalan Pendidikan, Gang Berkat Tawakal, Kelurahan Sekumpul, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Lakukan Langkah Perubahan Bersama PLN

BANJARMASINPOST.CO.ID -  Bank Sampah Sekumpul yang dikelola Koperasi Sirqoh Muawwanah kini dapat membuat sampah menjadi barang bernilai yang dapat ditukar menjadi barang keperluan rumah tangga.

Bank sampah tersebut berada di Jalan Pendidikan, Gang Berkat Tawakal, Kelurahan Sekumpul, Kota Martapura , Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sampah pada umumnya hampir tidak disukai oleh semua orang. Keberadaanya sering menimbulkan ketidaknyamanan jika dibiarkan terlalu lama.

Hampir semua jenis sampah biasanya akan berakhir di tempat pembuangan akhir, tanpa dilakukan pengelolaan sebelumnya. 

Namun berkat hasil kerja sama dengan PLN, Bank Sampah Sekumpul kini berhasil menjadi pelopor bank sampah di Provinsi Kalimantan Selatan untuk pemanfaatan sampah rumah tangga menjadi barang yang bernilai.

Pengelolaan Bank Sampah Sekumpul, lokasinya di Jalan Pendidikan, Gang Berkat Tawakal, Kelurahan Sekumpul, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).
Pengelolaan Bank Sampah Sekumpul, lokasinya di Jalan Pendidikan, Gang Berkat Tawakal, Kelurahan Sekumpul, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). (PT PLN (PERSERO) UIW KSKT)

Barang yang bernilai itu, seperti, dapat ditukarkan dengan bahan sembako maupun ditukarkan dengan rupiah.

Bank sampah memiliki beberapa manfaat bagi banyak orang dan juga lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis

Selain itu, manfaat penting lainnya yang dirasakan oleh warga Kelurahan Sekumpul berkat hasil pengelolaan sampah ini adalah lingkungan menjadi lebih bersih. Dan yang paling penting, saluran air bebas dari sumbatan.

Hal ini yang juga disampaikan Direktur Bank Sampah Sekumpul, Dewi Heldayati.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved