Breaking News:

Berita Tapin

Ikuti Peluncuran Aplikasi Ini Bersama Bupati, Kapolres Tapin Beberkan Keunggulan ASAP Digital 

Bupati Tapin, HM Arifin Arpan bersama Kapolres Tapin, AKBP Pipit Subiyanto dan Ketua DPRD Tapin, H. Yamani mengikuti vicon

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/stanislaus Sene
Vicon peluncuran Aplikasi ASAP Digital diikuti Kapolres Tapin bersama Forkopimda Kabupaten Tapin, Rabu (15/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Bupati Tapin, HM Arifin Arpan bersama Kapolres Tapin, AKBP Pipit Subiyanto dan Ketua DPRD Tapin, H. Yamani mengikuti Video Conference (Vicon) Launching Aplikasi ASAP DIGITAL oleh Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bertempat di Ruang Command Center Polres Tapin. Rabu, (15/09/2021).

ASAP Digital didukung peralatan canggih yang terkoneksi dengan sistem jaringan yang dibackup PT Telkom yang mampu melakukan pemantauan kondisi terkini di sejumlah kawasan rawan terbakar selama 24 jam.

Kapolres Tapin, AKBP Pipit Subiyanto mengatakan ASAP Digital ini memuat berbagai macam informasi terkini (realtime), seperti data visual (CCTV), kondisi udara, hotspot serta data prakiraan cuaca yang dapat dimanfaatkan untuk pencegahan karhutla.

"Keunggulan dari aplikasi ASAP Digital, antara lain bisa memantau adanya ASAP yang bersumber dari api. Berkat kecepatan informasi yang diterima petugas di Command Center, tim satgas karhutla bisa secara dini dikerahkan ke lokasi melakukan pengendalian dan pemadaman," jelasnya.

Baca juga: Integrasi Asap Digital dan Lancang Kuning, Begini Persiapan Kalsel Tanggulangi Risiko Karhutla 2021

Baca juga: Aplikasi ASAP Digital Diperkenalkan untuk Pantau Karhutla, Polres Tapin Siap Terapkan

Kapolres mengatakan untuk di Kalimantan ada satu titik yaitu di Kabupaten Banjar yang akan dipasang bersama dengan Telkom dan melaksanakan deteksi.

"Untuk jangkauannya kurang lebih 40 kilo. Jadi intinya adalah terkait efisiensi karena ini baru awal ke depan bisa dilakukan lagi evaluasi-evaluasi terkait penggunaan aplikasi ASAP Digital ini sesuai dengan kebutuhan di daerah masing-masing," jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved