Breaking News:

Kalselpedia

Kalselpedia, KalselPedia, Siti Isnaniah Haryani Penggerak Kewirausahaan di Kalangan Wanita

Kalselpedia, Siti Isnaniah Haryani warga Banjarbaru pemilik usaha pembuat makanan dan Rumah Kreatif Isna Alib, Ketua Gerakan Kewirausahan Nasional.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
ISTIMEWA
Kalselpedia. Siti Isnaniah Haryani warga Kota Banjarbaru pemilik usaha pembuat makanan dan Rumah Kreatif Isna Alib, Ketua Gerakan Kewirausahan Nasional Kalimantan Selatan ((GKN Kalsel). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Wanita satu ini memang giat berwirausaha.

Ia pun suka membagi ilmu usaha kepada siapapun, baik di wilayah tempat tinggalnya di Kota Banjarbaru maupun di sejumlah daerah di Kalimantan Selatan.

Di rumahnya, kawasan Guntung Manggis, Kota Banjarbaru, Siti Isnaniah Haryani memiliki Rumah Kreatif Isna Alib yang merupakan tempat belajar berwirausaha melalui latihan keterampilan.

Banyak anggota rumah kreatif adalah para wanita. Bahkan di antaranya para janda yang memang perlu dibina agar mampu mandiri sehingga bisa mendapat penghasilan.

Isna yang juga pemilik usaha Isna Alib yang bergerak di bidang UMKM olahan pangan dan rumah kreatif, mengeluarkan dana pribadi untuk pelatihan skala kecil.

Baca juga: VIDEO Menteri Sandiaga Uno Mengenakan Jaket Sasirangan Produk Komuntias Penjahit Kalsel

Baca juga: Santriwati Ponpes Walisongo Banjarbaru Dapat Bekal Keterampilan Usaha dari GKN Kalsel

Bagi Isna berbagi ilmu wirausaha di pelatihan adalah bentuk kepedulian terhadap sesama UMKM agar bisa tumbuh berkembang dan baginya tak masalah jika orang lain lebih pandai nantinya.

"Kalau kita suka berbagi ilmu, maka kita akan dapat ilmu baru lagi. Misal, saya latih membuat kue bingka kentang. Memang suatu saat orang yang dilatih akan menjadi kompetitor usaha, namun itu malah akan memotivasi kita untuk memunculkan inovasi baru. Dari inovasi tadi kita jadi dapat ilmu baru lagi," ungkapnya.

Bersertifikat sebagai fasilitator pendidikan dan pelatihan UMKM serta sertifikat Pendamping UMKM, dia juga Ketua DPD Gerakan Kewirausahan Nasional (GKN) Kalsel.

Diketahui, GKN menjadi motor penggerak beberapa kementerian dan lembaga. Dan di Kementerian Koperasi UKM RI, menjadi leader dalam program ini.

Isna menghidupkan GKN yang anggotanya berdasar data base berjumlah 600 wirausaha yang sudah berlegalitas, sedangkan yang belum terdata resmi 1.600 wirausaha.

Baca juga: Pengurus GKN Kalsel Siap Bekali Santriwati dengan Keterampilan Menjahit

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved