Breaking News:

Berita Tanahlaut

Kunjungi Lokasi Langganan Banjir di Tanahlaut Kalsel, Mensos Risma Disambut Antusias Warga

Mensos Risma meluangkan waktu kunjungannya ke Kalsel dengan mengunjungi daerah langganan banjir di Tanahlaut

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/idda royani
MENSOS Tri Rismaharini berbincang dengan Bupatii Tala HM Sukamta saat meninjau permukiman rawan banjir di RT 6 dan 7 Desa Asamasam, Rabu (15/9/2021) sore menjelang petang. 

 BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Banjir yang kerap mendera sejumlah wilayah di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), mendapat atensi khusus Kementerian Sosial (Kemensos).

Secara khusus Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meluangkan waktunya bertandang ke Tala di sela kunjungan kerjanya di Kalsel, Rabu (15/9/2021) sore.

Lokasi yang dikunjungi yakni Desa Asamasam, Kecamatan Jorong. Desa ini merupakan salah satu desa rawan banjir sejak dulu hingga sekarang. Terutama permukiman yang berada di bantaran sungai dan di area cekungan seperti di lingkungan RT 6 dan 7.

Terkini, pada Sabtu pagi kemarin lingkungan setempat kembali kebanjiran menyusul hujan deras berkepanjangan yang terjadi pada Jumat malam hingga Sabti pagi.

Baca juga: Serahkan Bantuan Yatim Piatu di Kalsel, Mensos Risma Sebut Anak Korban Covid-19 Pilihan Tuhan

Baca juga: Sambut Mensos Risma, Aktivis Meratus Kosim Bacakan Puisi Berjudul Ibu

Baca juga: Blusukan ke Danau Canting HST, Ini Sejumlah Bantuan yang Diberikan Mensos Risma

Pada saat yang sama, beberapa desa juga kebanjiran seperti di lingkungan RT 8 Desa Simpangempat Sungaibaru, Kecamatan Jorong. Lalu, di RT 4 Desa Kintapkecil dan di RT 4,6,7,8,9 Desa Kintapura Kecamatan Kintap.

Permukiman tersebut merupakan tempat langganan banjir. Umumnya karena berada di tepian sungai. Tiap kali terjadi hujan deras dengan durasi lama, air sungai pasti meluap dan membanjiri rumah-rumah warga.

Namum banjir yang terjadi pada Sabtu kemarin tak begitu besar. Karenan itu tidak ada warga yang mengungsi. Meski begitu dapur umum tetap didirikan dan bantuan pangan juga disalurkan.

Bencana alam terbesar di Tala terjadi pada Januari 2021 lalu yang puncaknya terjadi pada pertengahan bulan. Saat itu banjir juga melanda wilayah Kecamatan Batibati dan hampir seluruh desa di Kecamatan Kurau dan Bumimakmur.

Puluhan ribu warga kala itu harus mengungsi dan diungsikan ke tempat yang aman. Genangan juga cukup lama surut, terlama terjadi di Kecamatan Kurau dan Bumimakmur yang lebih dari sebulan.

Sedangkan pada banjir akhir pekan tadi hanya berlangsung sehari. Sabtu pagi banjir melanda, Minggu malam sudah susut dratis dan Senin pagi telah kering.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved