Breaking News:

Berita Balangan

Pandemi, Permintaan Layanan Jemput Bola Dukcapil Balangan Tetap Tinggi

Meski Pandemi, permintaan layanan jemput bola di Kabupaten Balangan tetap tinggi

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
Hifziani untuk BPost
Petugas Dukcapil Kabupaten Balangan datangi warga untuk lakukan pelayanan administrasi kependudukan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Layanan jemput bola dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  (Disdukcapil) Kabupaten Balangan terus berlanjut.

Di tengah pandemi saat ini, petugas Dukcapil Balangan melayani permintaan warga untuk datang ke wilayah terpencil di Kabupaten Balangan. 

Apabila sebelumnya pelayanan dalam administrasi kependudukan seperti perekaman e-KTP dilakukan dengan mendatangi tempat-tempat terpencil dan sekolah-sekolah secara berkala, maka saat pandemi ini dilakukan hanya saat kondisi tertentu serta adanya permintaan langsung dari masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Balangan, Hifziani mengungkapkan, di tengah pandemi antusiasme masyarakat terhadap pentingnya keberadaan dokumen administrasi dan catatan sipil tetap tinggi.

Baca juga: Pegawai Disdukcapil Kabupaten Balangan Terpapar Covid-19, Layanan Online Dimaksimalkan

Baca juga: Hingga Juni 2021, Disdukcapil Banjarmasin Terima Permintaan 896 Akte Kematian

Baca juga: VIDEO Disdukcapil Kabupaten Tapin Jalin Kerja Sama dengan RSIA Permata Bunda Kandangan

Pihaknya pun berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat. Baik itu di wilayah pedalaman maupun perkotaan. Apalagi jika jarak tempuhnya masih terjangkau untuk didatangi. 

"Program jemput bola tentu menjadi kegiatan yang dilakukan secara terus menerus. Kami khususkan bagi warga yang tinggal di tempat terpencil," ucap Hifziani,  Rabu (15/9/2021).

Bahkan perekaman e-KTP bisa dilakukan secara langsung. Namun untuk proses cetak menunggu terhubungnya jaringan internet. Sehingga untuk mendapatkan berkas, dibutuhkan waktu dan biasanya akan diserahkan oleh aparat desa. 

Namun untuk saat ini ungkapnya,  agenda berkala ke wilayah terpencil sedang dikurangi. Selain karena pandemi, pihaknya juga menyesuaikan anggaran yang ada.

Lantas, untuk memaksimalkan pelayanan secara online, masyarakat  diarahkan melakukan perekaman e-KTP di kantor camat masing-masing. Kemudian akan ditindaklanjuti di Kantor Disdukcapil Kabupaten Balangan. 

Baca juga: Mesin ADM di Disdukcapil Balangan Belum Digunakan, Rencana Akan Ditempatkan di Kecamatan

Pada kasus tertentu ucap Hifziani, pelayanan Dukcapil juga akan menangani permintaan khusus, semisal bagi warga yang sakit atau kondisi darurat. Tentunya, dalam situasi ini, petugaslah yang akan mendatangi warga untuk memberikan pelayanan. 

Teranyar pihaknya bekerjasama dengan TP PKK Balangan melakukan perekaman terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Sehingga administrasi kependudukan bisa dimiliki oleh yang bersangkutan. 

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved