Breaking News:

Bumi Tuntung Pandang

Lagi, Pemkab Tanah Laut Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI

Tanahlaut lagi-lagi meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti
DISKOMINFO TALA
Bupati Tala HM Sukamta (tengah) mengikuti Rakornas bersama Menkeu secara virtual, Selasa kemarin. Pada rapat itu diketahui Pemkab Tala kembali meraih WTP. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Penguatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang dilakukan Pemerintahan Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta kembali membuahkan hasil melegakan.

Daerah ini lagi-lagi meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Kalangan warga Tala pun turun senang dan bangga.

"Walau saya tak begitu paham apa itu WTP, tapi saya turut bersyukur. Yang namanya prestasi itu kan pasti baik dan semoga menjadi kebaikan bagi masyarakat Tala," ucap Jasmuni, warga Pelaihari, Kamis (16/9/2021).

Capaian gemilang tersebut diketahui saat Bupati Tala HM Sukamta mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 bertema Bangkitkan Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi.

Rapat Kerja Nasional tersebut dilaksanakan secara virtual di Ruang Barakat Sekretariat Daerah (Setda) Tala Selasa kemarin.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tala Muhammad Darmin menerangkan secara teknis dengan diraihnya WTP untuk Pemkab Tala memacu agar bekerja lebih baik lagi.

"Semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diharapkan meningkatkan kualitas untuk pengelolaan keuangan, dengan itu akuntabilitas kita bisa dipertaruhkan dengan baik," tandas Darmin.

Sementara itu Sekretaris Inspektorat Tala Fifiana Fitri Amalia mengatakan pengawasan yang diberikan secara aturan bahwa Inspektorat itu punya tugas untuk merevisi laporan keuangan pemerintah daerah laporan keuangan harus dipastikan betul.

"Tahun 2014 kita sudah memastikan bahwa memang laporan keuangan Pemerintah Daerah sudah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan, sehingga itu bisa mendapatkan WTP sampai dengan mendapatkan penghargaan yang berturut-turut atas laporan keuangan daerah ini," ujar Fifiana.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam Rakernas tersebut sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada kementerian negara/lembaga dan pemerintah daerah yang laporan keuangannya memperoleh opini WTP.

"Saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan karena bisa terus menjaga dan mengelola keuangan negara karena yang kita gunakan adalah uang rakyat dan kita harus bisa bertanggung jawab secara baik pula," ujar Menkeu.

Turut hadir pada Rakernas secara virtual tersebut Sekretaris Daerah Tala H Dahnial Kifli, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Tala Muhammad Safarin. (AOL)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved