Breaking News:

Berita Banjarmasin

Tabrakan KM Mila Utama di Sungai Barito, KSOP Kelas I Banjarmasin Lakukan Pemeriksaan

KSOP Kelas I Banjarmasin periksa kasus tabrakan KM Mila Utama dan tongkang di Sungai Barito selama beberapa hari. Bagian rusak tak boleh disentuh.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD RAHMADI
Robek haluan KM Mila Utama, saat sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, setelah bertabrakan dengan tongkang batu bara di Sungai Barito, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (15/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin melakukan investigasi atas tabrakan KM Mila Utama dengan tongkang batu bara.

Dijelaskan Kepala Bagian Tata Usaha KSOP Kelas I Banjarmasin, Hari Budianto, pemeriksaan tersebut akan dilaksanakan selama beberapa hari.

"Terkait berapa lama, saya belum bisa memastikan apakah lima hari atau tujuh hari, tergantung nanti tim investigasi," katanya, Kamis (16/9/2021).

Karena masih dalam tahapan pemeriksaan, maka kapal dan Tongkang yang mengalami tabrakan itu tidak diperkenankan beroprasi.

Baca juga: Tabrakan KM Mila Utama di Perairan Sungai Barito, Sejumlah Truk Angkutan Alami Kerusakan

"Kapalnya sudah bersandar, tidak berubah sama sekali. Dalam arti, kalau itu terjadi benturan, maka bekasnya tersebut tidak boleh ada yang menyentuh, sampai selesai pemeriksaan," jelas Hari.

Meski demikian, Hari mengungkapkan, kejadian tersebut tidak sempat menimbulkan korban jiwa. Hanya beberapa truk angkutan yang mengalami kerusakan.

"Alhamdulillah semua penumpang tidak ada yang terluka. Pastinya juga, tidak sampai ada mencemari lingkungan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Keselamatan Berlayar, Penjagaan, Patroli dan Penyidikan, Ison Hendrasto, mengatakan, pihaknya akan memediasi ganti rugi kerusakan atas insiden tersebut.

Baca juga: Tabrakan dengan Tongkang Batu Bara di Sungai Barito Banjarmasin, KM Mila Utama Alami Kerusakan

Baca juga: Tabrakan KM Mila Utama di Perairan Sungai Barito, Petugas Kapal Sempat Beritahu Penumpang Siaga

"Soal kerugian, nanti kami hanya akan mendampingi. Terkait kerusakan truk, seyogianya adalah tanggung jawab operator," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved