Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Ikan Telang di Banjarbaru Naik Capai Rp 95 Ribu Per Kg, Telur Ayam Turun Rp 19 Ribu Per Kg

Ikan asin telang di Banjarbaru semula Rp 75-80 ribu per kilogram, kini Rp 95 ribu per kilogram. Sedangkan telur turun Rp 1.000 jadi Rp 19 ribu.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Harga telur mengalami penurunan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dalam beberapa waktu terakhir harga lauk pauk terjadi fluktuasi.

Ada yang harganya menaik dan ada yang menurun. Dinamika harga tersebut terjadi pada Ikan asin telang dan telur ayam.

Sebagaimana pantauan di pasar di Kota Banjarbaru, ikan asin telang semula seharga Rp 75-80 ribu per kilogram, kini harganya naik menjadi Rp 95 ribu per kilogram. 

Menurut Fino, pemilik agen Ikan Asin Mama Khas Banjar di Kota Banjarbaru, kenaikan harga ikan asin telang disebabkan kondisi cuaca yang membuat para nelayan jarang melaut. 

"Kondisi cuaca terakhir kan sering hujan, makanya nelayan jarang melaut dan stok ikan asin telang terbatas sehingga harga pun naik," jelasnya. 

Baca juga: Lion Air Masih Gratiskan Bagasi 20 Kg, Pelaku UMKM Banjarbaru Pun Memanfaatkannya

Baca juga: Banjarbaru PPKM 3, Pusat Perbelanjaan Modern di Kota Idaman Berangsur Ramai 

Meski ada kenaikan harga, namun pembelian masih stabil. Hal ini karena ikan asin telang merupakan salah satu lauk favorit masyarakat Banjar. 

Adapun telur ayam menurun bertahap dalam setengah bulan terakhir. Semula harga per kilogram hingga mencapai Rp 24 ribu. Sekarang per kilogram hanya Rp 19 ribu. 

Menurut Rasyid, pegawai Toko Mulito 69 agen telur ayam di Kota Banjarbaru, harga telur sedang turun. Dalam beberapa hari ini turun Rp 1.000.

"Kondisi ini karena stok telur mungkin sedang banyak atau banjir di pasaran. Salah satu faktornya masuknya telur dari Jawa," ujarnya. 

Meski harga lagi turun, namun pembelian malah sepi. Dalam sehari tokonya menjual hingga 70 ikat, namun saat ini hanya terjual 40 ikat dalam sehari. 

Baca juga: Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Birhasani Perkirakan Harga Ayam Cenderung Turun

Baca juga: PPKM Level 4 Banjarmasin Perparah Anjloknya Pemintaan Kue Kering, Begini Penuturan Pengrajin

Masih kata Rasyid, harga telur pada tahun lalu pernah mencapai Rp 17 ribu per kilogram. Dan memang setiap tahun dalam satu hingga dua bulan ada penurunan harga.

Meski demikian Rasyid tetap optimis harga akan kembali naik seperti biasa. Dinamika harga ini menurutnya suatu kewajaran dalam usaha perdagangan.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved