Breaking News:

Kriminalitas Kalteng

Narkoba Kalteng, Polda Kalimantan Tengah Musnahkan 1,3 Kilogram Sabu

Narkoba Kalteng. Pemusnahan 1.374,58 gram sabu dilakukan Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo bersama perwakilan Balai POM, kejaksaan dan BNNP.

Penulis: Fathurahman | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Narkoba Kalteng. Jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalimantan Tengah mengungkap sejumlah kasus sejak Juli hingga Agustus 2021.

Barang bukti yang disita dari para tersangkanya, kemudian dimusnahkan, Jumat (17/9/2021).

Pemusnahan 1.374,58 gram sabu tersebut dilakukan Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, bersama perwakilan Balai POM, Kejaksaan, Badan Narkotika Nasional (BNNP).

Sebelumnya, dilakukan pengecekkan keaslian sabu oleh petugas Balai POM dengan menggunakan alat pendeteksi khusus.

Sabu sebanyak 1,3 kilogram lebih tersebut merupakan hasil pengungkapkan kasus penyalahgunaan narkoba sejak Juli hingga Agustus, 2021 oleh jajaran Ditresnarkoba Polda Kalteng.

Baca juga: VIDEO Narkoba Kalteng, Anggota Polda Tangkap Dua Pengedar dan Amankan Sabu 8 Ons

Baca juga: Narkoba Kalteng, Sopir Truk Bawa Sabu Diamankan Polisi di Kapuas Barat

Sebanyak 13 orang tersangka pengedar narkotika jenis yang turut serta menyaksikan pelaksanaan pemusnahan sabu di Mapolda Kalteng tersebut.

Barang bukti  butiran sabu dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam dua galon berisi air, dicampur cairan pembersih lantai dan diaduk.

Sementara itu, Irjen Pol Dedi Prasetyo didampingi Direktur Resnarkoba Kombes Nono Wardoyo, mengungkapkan, narkoba yang disita merupakan jaringan Palangkaraya - Pontianak.

"Pengedar selama ini dalam pendistribusian narkoba menggunakan jalur udara dari Pontianak (Kalbar) ke Palangkaraya (Kalteng)," ujar Jenderal bintang dua ini.

Dijelaskan , kasus terbaru yang diungkap pada 15 September 2021, menangkap dua tersangka berinisial UW (53) dan AH (38) warga Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalteng.

Baca juga: VIDEO Narkoba Kalteng, 5 Pengedar Sabu Dapat Pasokan dari Banjarmasin Ditangkap di Palangkaraya

Baca juga: VIDEO Narkoba Kalteng, BNNP Musnahkan Sabu dan Ganja yang Disita dari 5 Tersangka

Dari keduanya, petugas menyita barang bukti sabu pada tempat kejadian pertama sebanyak 100 gram dan di tempat kejadian kedua sebanyak 196 gram sabu. "Kami juga menyita barbuk lainnya," ujarnya.

Ditambahkan Kombes Nono Wardoyo, peredaran narkoba sudah masuk hingga ke perkebunan kelapa sawit yang ada di Kalteng.

"Kami tetap terus konsisten bertekad membasmi narkoba, namun tentunya juga diperlukan kerja sama dengan masyarakat untuk informasi jika ada penyalahgunaan narkoba," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved