Breaking News:

Berita Nasional

STNK Hilang, Inilah Cara Mudah Mengurusnya

Anda kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), tak perlu panik karena megurusnya cukup mudah ternyata.

Editor: Edi Nugroho
kompas.com
ilustrasi: Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK). 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Anda kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), tak perlu panik karena megurusnya cukup mudah ternyata.

Seperti diketahui Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) menjadi dokumen penting selain Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Selama ini surat yang memuat beberapa informasi mulai dari bukti pendaftaran serta pengesahan kendaraan ini wajib dibawa oleh setiap pengendara.

Nahm STNK juga bisa menjadi bukti bahwa kendaraan yang digunakan adalah resmi dan terdaftar, atau bukan barang curian saat terjadi razia atau pemeriksaan kendaraan.

Baca juga: Emas 36,42 gram yang Diserahkan Ricky untuk Bayar Pajak ke Samsat Banjarbaru Diambil Pihak Keluarga

Baca juga: Masih Ada Calo Berkeliaran di Samsat Banjarbaru, Warga Martapura Ini Diminta Serahkan Rp 450 Ribu

Pengendara pastinya sudah mengetahui fungsi penting dari STNK, namun tidak sedikit dari mereka yang teledor hingga lupa menempatkan atau menghilangkannya di tempat yang tidak diketahui.

ilustrasi kantor Samsat Banjarbaru.
ilustrasi kantor Samsat Banjarbaru. (banjarmasinpost.co.id/khairil rahim)

Selanjutnya, bagi pemilik kendaraan yang mengalami kejadian STNK hilang tidak perlu panik. Pasalnya surat duplikat bisa diterbitkan kembali oleh kantor Sistem Menunggal Satu Atap (Samsat).

Secara lugas, Humas Bada Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu mengatakan, untuk mengurus STNK yang hilang ada beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh pemilik kendaraan.

Herlina belum lama ini kepada Kompas.com, menjelaskan untuk STNK yang hilang bisa diurus ke samsat. Syaratnya surat kehilangan STNK dari kepolisian, fotokopu eKTP dan asli, fotokopi STNK jika ada, serta BPKB.

Pemilik kendaraan juga perlu meminta formulir permohonan untuk membuat STNK baru. Untuk kendaraan yang belum lunas dan BPKB masih di tempat leasing maka pemilik kendaraan bsia meminta fotokopi BPKB yang dilegalisir dari leasing.

Baca juga: Penunggak Pajak PKB DIberi Keringanan, Begini Suasana Pelayanan di Kantor Samsat Banjarbaru

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved