Breaking News:

Berita HST

Warga Meratus di Batangalai Timur HST Minta Kolam Pengendali Banjir Juga di Wilayah Atas

warga Meratus di Kecamatan Batangalai Timur berharap dibangun kolam penampung air di wilayah atas atau pegunungan

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
Dok BPost
Banjir besar Januari 2021 lalu yang merendam rumah penduduk di Kota Barabai, ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Rencana pembangunan kolam pengendali banjir oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR disambut positif warga HST.

Hanya saja, warga Meratus di Kecamatan Batangalai Timur berharap, tak hanya di daerah bawah yang dibangun kolam penampung air tersebut. Tapi juga di wilayah atas atau pegunungan.

“Sebab, jika dibangun di atas, jatuhnya air terlebih dahulu ke dataran tinggi. Jika sudah tertampung di dataran tinggi otomatis mengurangi limpahan air ke bawah,”kata Kosim, Ketua KTNA Batangalai Timur, yang juga tokoh masyarakat Desa Hinas Kiri.

Untuk itu, penyuluh kehutanan swadaya masyarakat juga meminta DPRD HST menfasilitasi  untuk berdialog dengan dinas terkait  dalam rangka menyampaikan aspirasi tersebut.

Baca juga: Atasi Banjir HST, Kolam Regulasi Pengendali Senilai Rp 230 Miliar Segera Dibangun 

Baca juga: Sidak ke Hutan Lindung Mangkiling Sebelum Banjir HST, Warga Temukan Fakta Illegal Logging di Meratus

Baca juga: Pasca Banjir HST, Kekeruhan Sungai Barabai Lebihi Ambang Batas,  Produksi Air Bersih PDAM HST Turun

“Kami sudah sampaikan surat ke DPRD, agar bisa mempertemukan kami dari KTNA, Garimbas, Aliansi Masyarakat Adat dan LSM Pancar Kasihan untuk menyampaikan aspirasi kami melalui Pemkab HST,”katanya.

Mengenai permintaan agar di wilayah atas juga dibuatkan kolam embung, Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR HST Pranoto menyatakan sudah menyampaikan usul agar dibangun kolam di daerah atas tersebut ke Kementerian PUPR.

Menurutnya, kemungkinan untuk wiayah atas dibangun secara bertahap.

‘Sementara di wilayah bawah dulu mengingat dampaknya saat banjir Januari 2021 lalu,”katanya. (banjarmasinpost.coid/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved