Breaking News:

Berita Banjarmasin

Peringati World Clean Up Day 2021, DLH Banjarmasin Melakukan Aksi Bersih-bersih Sungai

Aksi bersih-bersih serentak di lima kecamatan yang ada di Banjarmasin, dan yang menjadi sasaran adalah jalan, parit, sungai hingga penanaman pohon

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/frans
Aksi bersih-bersih dilakukan oleh DLH Banjarmasin di Sungai Muara Kelayan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Aksi bersih-bersih dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin bersama unsur masyarakat, Sabtu (18/9/2021) pagi.

Aksi bersih-bersih ini dilakukan terkait dengan peringatan Hari Bersih-bersih sedunia atau World Clean Up Day 2021.

Aksi bersih-bersih serentak di lima kecamatan yang ada di Banjarmasin, dan yang menjadi sasaran adalah jalan, parit, sungai hingga penanaman pohon.

Salah satu titik yang menjadi lokasi aksi adalah Sungai Muara Kelayan di Jalan Pasar Pagi atau tepatnya di depan PD PAL Banjarmasin.

Baca juga: Kebakaran di Banjarmasin, Tinjau Rumah Warganya yang Terbakar, Lurah Pelambuan Usulkan Bansos

Baca juga: PNS Kini Wajib Laporkan Harta Kekayaan, BKD Diklat Banjarmasin akan Sosialisasikan Secara Masif

Beberapa orang langsung terjun ke sungai untuk mengambil sampah-sampah, kemudian dikumpulkan di dalam tempat khusus untuk kemudian dibuang ke tempat sampah.

Kepala Dinas (Kadis) LH Banjarmasin, Mukhyar mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rutinitas tahunan yang bertujuan mengedukasi masyarakat agar senantiasa peduli dengan lingkungan sekitar.

"Jadi kita laksanakan penanaman pohon, memilah sampah dari rumah, serta bakti sosial yakni bersih-bersih sungai di 5 Kecamatan terpusat di Banjarmasin Tengah," ujar Mukhyar di sela kegiatan.

Mukhyar melanjutkan, tak hanya Banjarmasin yang melakukan kegiatan tersebut, Pemerintah Provinsi Kalsel juga melaksanakan kegiatan serupa.

Seluruh kabupaten dan kota diminta untuk meramaikan Clean Up Day 2021.

Baca juga: 300 Warga Binaan Lapas Narkotika Karang Intan Kabupaten Banjar Divaksinasi

Dengan adanya kegiatan tersebut, Mukhyar mengajak masyarakat untuk ikut serta menjaga kebersihan dan lingkungan di setiap daerah.

"Ya harapannya tentu untuk menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. Karena peran serta masyarakat sangat penting menciptakan kebersihan sungai dan semua lingkungan," katanya.

Sementara itu, Direktur PD PAL Kota Banjarmasin, Rahmatullah sangat mendukung dengan kegiatan tersebut.

Kawasan sungai yang dilakukan pembersihan yakni kawasan Sungai Muara Kelayan yang tepat berada di depan Kantor PD PAL Banjarmasin.

"Kami ya Wajib mendukung dan memfasilitasi kegiatan dalam rangka menciptakan kota kita yang Baiman, Barasih wan Nyaman ini. Mudahan masyarakat juga bisa menjaga kebersihan lingkungan," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved