Breaking News:

Berita Batola

Warga Anjir Muara Temukan Ular Puraca Sebesar Termos, Diduga Pemakan Ikan di Kolam

Meski kurang agresif dan tidak berbisa, pergerakan ular puraca sebesar termos cukup merugikan Ibrahim, pembudidaya ikan di Desa Anjir Serapat Lama, Ke

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Edi Nugroho
Ibrahim
Ular Puraca, Satwa Pandemik Kalimantan yang ditemukan Ibrahim di saluran air kolam ikan miliknya, Minggu (19/9/2021) 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Meski kurang agresif dan tidak berbisa, pergerakan ular puraca sebesar termos cukup merugikan Ibrahim, pembudidaya ikan di Desa Anjir Serapat Lama, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala.

Pasalnya, ular dengan sisik hitam berdiameter sekitar belasan senti meter itu ia temukan di saluran air kolam ikan patin miliknya. Minggu (19/9/2021) sore.

"Pantesan, benih ikan patin yang ia tebar sekitar 3.000 ekor, biasanya hanya bisa dipanen berkisar 2.000 saja. Drastis menyusut, padahal tidak ada penyebab kematian atau lainnya," duga Ibrahim.

Ia pun memperkuat dugaan tersebut ulah ular sepanjang 1,5 meter itu. Karena dari info rekan sesama pembudidaya juga pernah mengalami hal serupa.

Baca juga: Keanehan Ular King Kobra Diungkap Suwa si Rekan Panji Petualang, Bandingkan Dewi Piton

Baca juga: Beda Dari King Kobra Garaga Panji Petualang, Lihat Kondisi Ular yang Melilit Tubuh Heru Gundul ini

Baca juga: Panji Petualang Ungkap Nasib Terkini Ular yang Menyerang Heru Gundul, 11 Ekor Ayam Dilahap

Baca juga: Insiden Tubuh Heru Gundul Dililit Ular Picu Reaksi Panji Petualang, Bukan Ulah King Kobra Garaga

Temuan phyton pandemik Kalimantan ini sendiri sempat membuat Ibrahim kaget. Awalnya ia hanya membersihkan saluran sirkulasi air kolam ikannya. Namun terkejut saat melihat satwa tersebut menggeliat di kubangan lumpur berair.

Ular Puraca, Satwa Pandemik Kalimantan yang ditemukan Ibrahim di saluran air kolam ikan miliknya, Minggu (19/9/2021)
Ular Puraca, Satwa Pandemik Kalimantan yang ditemukan Ibrahim di saluran air kolam ikan miliknya, Minggu (19/9/2021) (Ibrahim)

"Sempat kaget, tapi mencoba memberanikan diri mengamankannya hingga bisa dimasukkan karung," beber Pria berambut gondrong ini.

Mengenai temuannya ini, Ibrahim pun mengaku telah menghubungi Rescue Sahabat Bekantan yang ada di Kecamatannya untuk informasi awal guna penanganan ular tersebut.

"Terserah saja nanti mau diapakan, siapa tahu bermanfaat untuk koleksi atau dilakukan penangkaran," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved