Breaking News:

Penjual Kopi Lokal Asli Tabalong

Kuliner Kalsel, Makna Nama Rungkop Inspirasi untuk Penikmat Kopi Khas Kabupaten Tabalong

Kuliner Kalsel. Rungkop Inspirasi di Kabupaten Tabalong namanya diambil dari akronim Warkop di Jakarta dan inspirasi karena jadi tempat diskusi.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/dony usman
Kuliner Kalsel. Deretan toples berisi biji kopi dan kopi dalam kemasan di Rungkop Inspirasi, Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Hikun RT 06, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (20/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kuliner kalsel. Warung Kopi (Rungkop) Inspirasi merupakan nama dari tempat ngopi yang hanya menjual produk kopi yang merupakan asli dari hasil tanaman lokal Kabupaten Tabalong.

Penamaan Rungkop Inspirasi dipilih pengelola karena menyimpan makna tersendiri.

Lokasinya sangat mudah dicari karena berada di tepi jalan raya di kawasan Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Hikun RT 06, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Menurut Armadi, owner Rungkop Inspirasi di Kabupateen Tabalong, nama dari tempat usaha yang  baru sekitar satu tahun dijalankan ini memang memiliki makna.

Baca juga: Kuliner Kalsel, Khasnya Kopi Lokal Asli Kabupaten Tabalong Ada di Rungkop Inspirasi

Nama Warung Kopi atau Rungkop diambil karena ingin seperti yang ada di Jakarta yang lebih dikenal dengan warkop dan di Jawa dengan sebutan kedai.

"Untuk kata Rungkop ini, kami ingin seperti Jakarta yang terkenal dengan kata Warkop dan Jawa terkenal dengan kata Kedai," katanya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Sedangkan di Kabupaten Tabalong, dirinya mencoba melekatkan kata Rungkop yang merupakan juga singkatan dari Warung Kopi.

Lalu untuk tambahan kata inspirasi, menurut Armadi, ditambahkan di belakang rungkop karena tempat yang digunakan sering menjadi wadah diskusi.

Baca juga: Video Indahnya Melihat Bunga Bermekaran di Taman Poska Desa Pematang Kecamatan Benua Lawas Tabalong

Baca juga: Selain Riam dan Air Terjun, Tabalong Miliki Beberapa Gua yang Unik dan Menarik

"Untuk kata inspirasi, diambil karena di tempat ini sering diskusi ide-ide baru. Jadi, digabungkanlah menjadi  Rungkop Inspirasi," bebernya.

Dengan pemilihan nama Rungkop Inpisrasi ini pula diharapkannya tempat yang dipakai tak hanya sekadar jadi wadah menikmati kopil lokal, tetapi juga bisa menjadi wadah diskusi sehingga ke depannya rungkop ini benar-benar menjadi inspirasi untuk Kabupaten Tabalong.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved