Penjual Kopi Lokal Asli Tabalong

Kuliner Kalsel - Mengunjungi Rungkop Inspirasi, Penjual Kopi Lokal Asli Tabalong

Kuliner kalsel. Rungkop Inspirasi dikenal sebagai penyedia kopi khas lokal Kabuapten Tabalong yang dibeli dari petani sekaligus juga jual yang kemasan

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Kuliner Kalsel. Penikmat kopi lokal di Rungkop Inspirasi, Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Hikun RT 06, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (20/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kuliner kalsel. Dari puluhan tempat ngopi di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, ada satu yang cukup berbeda, baik secara konsep maupun jenis produk kopi yang disajikan .

Namanya adalah Warung Kopi atau lebih dikenal Rungkop Inspirasi, terletak di Jalan Jenderal Basuki Rahmat,  Kelurahan Hikun RT 06 , Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel.

Tempat ini bisa jadi pilihan bagi penikmat kopi untuk bisa merasakan bagaimana khasnya rasa dari kopi yang asli dari tanaman lokal di daerah berjukuk Bumi Sarabakawa ini.

Rungkop Inspirasi tak seperti tempat ngopi yang saat ini lagi ngetren, tapi dibuat dengan konsep sangat sederhana layaknya warung kopi biasa.

Menggunakan bangunan persis di depan rumah pemiliki Rungkop Inspirasi, fasilitas yang ada hanya berupa meja dengan kursi plastik di bagian luar. Di bagian dalam terdapat ruangan, diisi beberapa meja untuk lesehan.

Baca juga: VIDEO Air Terjun Lano, Pesona Wisata di Ujung Utara Kabupaten Tabalong

Baca juga: Wisata Kalsel, Balai Adat Dayak Desa Warukin di Kabupaten Tabalong

"Rencananya yang di halaman pakai payung. Untuk yang lesehan di dalam bisa di gunakan untuk rapat ataupun pertemuan," kata owner Rungkop Inspirasi di Kabupaten Tabalong, yakni Armadi, kepada Banjarmasinpost.co.id, Senin (20/9/2021).

Rungkop Inspirasi buka tiap hari. Saat penerapan PPKM, buka Senin sampai Jumat pada pukul 15.00 Wita sampai pukul 21.00 Wita. Kemudian, Sabtu dan Minggu pukul 09.00 Wita sampai pukul 21.00 wita.

Penamaan tempat usaha ini menyimpan makna tersendiri. "Untuk kata Rungkop itu kami ingin seperti Jakarta yang terkenal dengan kata Warkop dan Jawa terkenal dengan kata Kedai," katanya.

Sedangkan di Kabupaten Tabalong, mencoba melekatkan akronim Rungkop yang merupakan juga singkatan dari Warung Kopi.

Lalu untuk tambahan kata inspirasi, menurut Armadi, karena tempat usahanya ini sering menjadi wadah diskusi.

Kuliner Kalsel. Rungkop Inspirasi, penjual kopi lokal di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Hikun RT 06, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (20/9/2021).
Kuliner Kalsel. Rungkop Inspirasi, penjual kopi lokal di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Hikun RT 06, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (20/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN)

"Untuk kata Inspirasi itu diambil karena di tempat ini sering menjadi tempat diskusi ide-ide baru. Karena itu, digabungkanlah menjadi Rungkop Inspirasi," bebernya.

Dengan pemilihan nama Rungkop Inpisrasi ini pula, diharapkannya bisa menjadi wadah berdiskusi sehingga kedepannya rungkop ini benar-benar menjadi inspirasi untuk Kabupaten Tabalong.

Terkait menu yang disediakan, di tempat ini tersedia beberapa pilihan yang bisa dicoba dengan kopi yang digunakan jens robusta dan liberica lokal Kabupaten Tabalong.

Bagi yang ingin menikmati di tempat, maka bisa melihat langsung juga proses penyeduhan yang diawali dengan penghalusan biji kopi menggunakan grinder manual.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved