Breaking News:

Penjual Kopi Lokal Asli Tabalong

Kuliner Kalsel, Rungkop Inspirasi Kabupaten Tabalong Lakukan Pembinaan Bagi Petani Kopi

Kuliner Kalsel. Penelola Rungkop Inspirasi Tabalong ajarkan petani kopi mengenai cara merawat kopi, cara panen yang baik dan perlakuan pascapanen.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Kuliner Kalsel. Menyeduh kopi oleh Armadi di tempat usahanya, Warung Kopi (Rungkop) Inspirasi, Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Hikun RT 06, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (20/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kuliner kalsel. Warung Kopi (Rungkop) Inspirasi di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Hikun RT 06, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, tak hanya sekadar menjual kopi seduh dan kemasan saja.

Di balik itu, Rungkop Inspirasi di Kabupaten Tabalong ini ternyata berusaha pula untuk mengenalkan kopi lokal,.

Mereka turut membantu memasarkan dan juga bahkan melakukan pembinaan terhadap petani kopi yang ada di Kabupaten Tabalong.

Owner Rungkop Inspirasi, Armadi, menyampaikan kepada Banjarmasinpost.co.id, Senin (20/9/2021), pembinaan terhadap petani yang dilakukan di antaranya terkait dengan cara merawat kopi, cara panen yang baik dan perlakuan pascapanen.

Baca juga: Kuliner Kalsel, Kopi yang Dijual Rungkop Inspirasi Diambil Langsung dari Petani Tabalong

Baca juga: Kuliner Kalsel, Rungkop Inspirasi Tabalong Juga Jual Paketan Grinder dan Vietnam Drip

Dalam hal memanen kopi, diakuinya, pengetahuan petani masih kurang. Di antaranya, terlihat dari cara memetik buah kopi.

Kopi dipetik tidak satu persatu, sehingga menyebabkan kulit dahan yang buahnya dipetik terkelupas dan itu akan membuat dahan tidak akan berbuah lagi. "Seharusnya, petik buah yang masak saja," katanya.

Kemudian juga diberikan pemahaman tentang cara mengupas kulit kopi agar tidak mengurangi sisi kualitas dari rasa.

Bila mengupas kulit buah kopi dengan cara direbus, maka itu akan bisa berakibat kopi tidak ada rasanya lagi.

Baca juga: Kuliner Kalsel, Makna Nama Rungkop Inspirasi untuk Penikmat Kopi Khas Kabupaten Tabalong

Baca juga: Kuliner Kalsel, Khasnya Kopi Lokal Asli Kabupaten Tabalong Ada di Rungkop Inspirasi

Menurutnya, ada tiga cara yang bisa dilakukan. Pertama, cara natural, yaitu buah kopi dijemur sampai kering, lalu ditumbuk untuk mengupas kulitnya.

Kedua, menggunakan metode washed atau proses pengupasan basah. Buah yang baru dipetik langsung ditumbuk untuk mengupas kulit.

Ketiga, proses honey yang mana prosesnya hampir sama dengan washed. Tapi bedanya, proses washed itu setelah dikupas kulitnya dicuci. Sedangkan proses honey tidak dicuci, tapi dijemur langsung dengan gumpalan kulitnya.

Kuliner Kalsel. Sortir buah kopi sebelum diproses lagi di Rungkop Inspirasi, warung kopi menggunakan biji kopi lokal di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Hikun RT 06, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.
Kuliner Kalsel. Sortir buah kopi sebelum diproses lagi di Rungkop Inspirasi, warung kopi menggunakan biji kopi lokal di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Hikun RT 06, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. (BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN)

"Untuk di tempat kami, menggunakan proses natural dan proses honey," katanya

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved