Breaking News:

Berita Banjarmasin

Lanjutkan Penertiban Baliho Bando, Satpol PP Banjamasin Layangkan SP1

Pemko Banjarmasin melanjutkan penertiban Baliho Bando. Bahkan, Satpol PP Banjarmasin telah melayangkan SP1 kepada pemilik bandi

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Material baliho bando yang ditertibkan oleh Satpol PP Banjarmasin tahun lalu di Jalan A Yani. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Belum lama tadi Pemko Banjarmasin menegaskan akan kembali melanjutkan penertiban baliho bando yang sempat terhenti hampir satu tahun terakhir.

Seperti diketahui proses penertiban baliho bando sempat dilakukan oleh Satpol PP Banjarmasin pada 2020 lalu di seputaran Jalan A Yani karena dinilai melanggar peraturan dan juga sudah tidak memiliki izin.

Tak terima properti miliknya ditertibkan, pemilik bando yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Periklanan Seluruh Indonesia (APPSI) Kalsel pun melapor ke Ombudsman Kalsel.

Dan PLT Kasatpol PP saat itu yakni Ichwan Noor Chalik pun dilaporkan ke Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) hingga berproses sekitar satu tahun.

Baca juga: Kasus Baliho Bando Dihentikan Polda Kalsel, Pemko Banjarmasin Pastikan Pembongkaran Dilanjutkan

Baca juga: Kasus Penurunan Baliho Bando oleh Satpol PP Banjarmasin, Ombudsman Kalsel Sebut Maladministrasi

Baca juga: Material Bekas Pembongkaran Baliho Bando Dikeluhkan Ganggu Pengguna Jalan A Yani Kota Banjarmasin

Setelah berproses sekitar satu tahun, belum lama tadi Polda Kalsel melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) pun diketahui menghentikan kasus ini.

Seiring keluarnya pemberitahuan penghentian penyelidikan kasus ini oleh Polda Kalsel, Pemko Banjarmasin pun kemudian memastikan untuk melanjutkan penertiban.

Bahkan belum lama tadi Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina pun sudah memerintahkan Satpol PP Banjarmasin untuk kembali melanjutkan kegiatan penertiban baliho bando.

Instruksi dari Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina ini pun, rupanya mulai ditindaklanjuti oleh jajaran Satpol PP Banjarmasin.

Itu Ditandai setelah Satpol PP Banjarmasin sudah melayangkan Surat Peringatan (SP) 1 kepada para pengusaha khususnya pemilik baliho bando yang belum ditertibkan.

"Memang berdasarkan arahan dari Pemko Banjarmasin, terkait adanya surat dari Polda Kalsel bahwa laporan tidak dilanjutkan, kami pun diamanahkan melanjutkan ke tahap berikutnya dan kita sudah terbitkan SP 1 sesuai dengan SOP," ujar Kasatpol PP Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin, Senin (20/9/2021).

Muzaiyin menambahkan bahwa SP 1 ini sendiri sudah sekitar satu pekan terakhir dilayangkan kepada pemilik baliho bando.

"Sudah kita berikan, dan ini berlaku selama tujuh hari sejak diterbitkan," katanya.

Baca juga: Kisruh Pembongkaran Baliho Bando, PLT Kasatpol PP Banjarmasin Langsung Dicopot dari Jabatannya

Disinggung mengenai kapan eksekusi penertiban baliho bando akan dilakukan ? Muzaiyin pun menerangkan masih belum, karena masih ada proses.

"Sesuai SOP, setelah kita terbitkan SP 1, baru dilanjutkan SP 2 hingga SP 3. Baru bisa dilanjutkan dengan penertiban," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved