Breaking News:

KalselPedia

VIDEO KalselPedia - Tempat Pemrosesan Sampah Milik Pemkab HST di Desa Telang

Kalselpedia. Hutan dan banyak pepohonan serta rerumputan membuat hijau dan sejuk TPA Telang di Desa Telang, Kecamatan Batangalai Utara, Kabupaten HST.

Penulis: Hanani | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Jika biasanya yang terbayang saat disebut tempat pengelolaan sampah adalah tumpukan sampah yang meluber dan berbau, kesan itu sama sekali tak tampak.

Nah, fasilitas itu adalah Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Telang di Desa Telang, Kecamatan Batangalai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Memasuki gerbang TPA Telang HST ini, sudah terasa sangat menyenangkan. Sebab, disambut hijaunya pepohonan.

Pepohonan yang hijau itu memberikan suasana teduh dan sejuk. Apalagi di bagian depan di sekitar pos penjagaan terdapat ruang terbuka hijau (RTH) yang tertata rapi, indah, berhiasi rerumputan.

Baca juga: Maksimalkan Tenaga dan Waktu, Dansatgas TMMD ke-112 di HST Optimistis Capai Target 100 Persen

Baca juga: Soal Kewajiban Dana Abadi untuk Ponpes, Pemkab HST Tiap Tahun Anggarkan Hibah

Adapula kebun rambutan yang saat ini sedang berbunga. Pada bagian kanan jalan. terdapat hutan.

“Di situ semacam hutan lindungnya kawasan TPA dengan luas satu hektare, namanya buffer zone atau zona hijau. Hutan itu masih asli, tidak ditebangi, sejak lahan TPA ini ada. Tidak boleh diutak-atik karena berfungsi sebagai penyuplai oksigen di kawasan TPA ini,” urai Rachmad Hidayat, Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan yang juga pengelola TPA Telang HST tersebut.

Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (LHP) juga telah membangun taman di bermain anak yang menjadi tempat istirahat dan petugas.

Taman tersebut biasanya tempat para pengelola mengajak rekreasi keluarga, selain utuk kegiatan pertemuan di kalangan Dinas LHP.

Baca juga: Wabup HST Antar Langsung Bantuan Logistik Korban Banjir Kalteng ke Katingan

Baca juga: Warga Meratus di Batangalai Timur HST Minta Kolam Pengendali Banjir Juga di Wilayah Atas

Namun, kawasan TPA di Kabupaten HST ini tidak terbuka untuk umum karena berbagai pertimbangan keamanan.

“Hanya saja, untuk pemulung dari warga sekitar yang sudah dikenali petugas kami, boleh masuk untuk membantu memanfaatkan sampah yang masih bisa dipakai atau didaur ulang,” imbuh Syafaat, Kabid Pengelolaan Sampah, HST, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved