Breaking News:

Berita HST

VIDEO Tas Eksklusif Dian Rianawati dari Barabai yang Diminati Istri Pejabat Hingga Sosialita

Dian Rianawati (31), memproduksi berbagai model dan ukuran tas elegan di rumahnya, Jalan Pasar III, Kota Barabai, Kabupaten HST, Provinsi Kalsel.

Penulis: Hanani | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Toko sekaligus berfungsi sebagai tempat produksi tas dan juga ada tokonya, dan terkenal pula.

Itulah milik Dian Rianawati (31), memproduksi berbagai model dan ukuran tas elegan. Berkelas. Itu karena pembuatannya juga ekslusif.

Nama usahanya, Toko Dhia Gift Shop, berada di Jalan Pasar III, Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST),  Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dia sudah menggeluti usaha tas fesyen handmade sejak 2016. Sedangkan untuk ecoprint leather baru satu tahun terakhir dengan semangat mengembangkan kreativitas.

Berawal dari hobi, ternyata malah membuahkan hasil. Sebuah mesin jahit listrik dan perangkat pendukung lain, menjadi modal utamanya.

Baca juga: Maksimalkan Tenaga dan Waktu, Dansatgas TMMD ke-112 di HST Optimistis Capai Target 100 Persen

Baca juga: Soal Kewajiban Dana Abadi untuk Ponpes, Pemkab HST Tiap Tahun Anggarkan Hibah

“Sebelumnya, saya membuat tas berbahan kanvas dan kain linen. Bahan premium yang saya beli dari orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, yaitu Korea dan Jepang. Saya kenal mereka lewat sosial media,” ungkap Dian  saat ditemui Banjarmasinpost.co.id, Minggu (19/9/2021).

Awalnya, membuat tas untuk dipakai sendiri. Ibu dua anak ini mengaku tak menyangka tas berbahan kanvas dan linen itu diminati masyarakat, kaum perempuan.

Agar pembeli tak bosan diapun mencari ide kreatif untuk membuat inovasi. Pada 2020, terinspirasi melihat tas-tas berbahan kulit, lalu memutuskan mencoba menggeluti seni ecoprint.

Teknik memberi pola pada bahan kain atau kulit menggunakan bahan alami. Bahan alami tersebut menggunakan bunga, daun, batang atau bagian tumbuhan lainnya yang menghasikan pigmen warna.

Teknik tersebut dia pelajari melalui berbagai artikel di google. Untuk bahan, awalnya mencoba kain. Namun setelah mencoba di bahan kulit, hasilnya lebih memuaskan.

Pengusaha pada produk pembuatan tas fesyen di Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (19/9/2021).
Pengusaha pada produk pembuatan tas fesyen di Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dian Rianawati, Minggu (19/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI)
Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved