Breaking News:

Karhutla Kalsel

Karhutla Kalsel, 2 Helikopter Jatuhkan Bom Air di Lahan Terbakar Lianganggang dan Gambut

Karhutla Kalsel. Helikopter jatuhkan bom air untuk padamkan kebakaran lahan di Liangganggang Banajrbaru, Gambut Kabupaten Banjar, Daha Kabupaten HSS.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARBARU RESCUE
Karhutla Kalsel. Kabut asap akibat kebakaran lahan di wilayah Lianganggang, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (20/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Karhutla Kalsel. Kebakaran hutan dan lahan terjadi di wilayah Kecamatan Lianganggang Banjabaru dan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Upaya pemadaman dilakukan Satgas Darat dan juga Satgas Udara yang menggunakan helikopter untuk menjatuhkan bom air di lahan yang terbakar.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kalsel, Abriansyah Alam, memang ada satu titik api di wilayah Kecamatan Gambut dan satu titik api lainnya di Kecamatan Lianganggang Kota Banjarbaru.

"Kami tambah lagi satu helikopter untuk mendukung helikopter lainnya yang beroperasi di wilayah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar," ujarnya, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: VIDEO Kebakaran Lahan di Landasan Ulin, Petugas Basahi Sekitar Rumah Warga

Selain di Kecamatan Gambut dan Kecamatan Lianganggang Banjarbaru, ia menyebutkan, ada 2 titik api lainnya di wilayah Daha, Kabupaten HSS (Hulu Sungai Selatan).

Bahkan kemarin, ujar Abriansyah Alam, ada banyak titik api yang ditemukan. Namun, bisa teratasi dengan tiga helikopter yang dikerahkan untuk menjatuhkan bom air.

"Ada juga di wilayah apin Selatan, Daha Selatan, Babirik, Danau Panggang, Labuan Amas dan Kabupaten Banjar, namun bsia teratasi oleh Satgas darat," jelasnya.

Berdasarkan informasi dari BMKG, lanjut dia, kemarin ada 76 titik api. Sedangkan erdasarkan pantauan udara, ada 36 titik yang menyala.

Baca juga: Karhutla Kembali Mengintai, Api Jamah Lahan Bondong di Gunungraja Kabupaten Tanahlaut

Baca juga: Sehari Dua Kali Kebakaran Lahan di Desa Panggangmarak Labuanamas Selatan HST, BPBD Kerahkan TRC

Saat ini, sela Abriansyah Alam,  semua helikopter dikerahkan untuk mengatasi karhutla hingga pukul 18 sore sesuai dengan jadwal operasional Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru

"Kalau patroli udara, kami lakukan dalam dua kali jadwal penerbangan setiap hari ke arah utara dan selatan, pagi dan siang hari," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved