Breaking News:

Berita Balangan

Tahapan Pilkades di Balangan Berlangsung, Jadwal Pendaftaran Berakhir 20 September Kemarin

Perhelatan tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Balangan terus berlangsung. Pelaksanaan Pilkades ini rencananya akan digelar pada 17 November 2021 m

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Edi Nugroho
HO/Polres Balangan
ilustrasi: Penyerahan berkas soal tes seleksi tambahan pilkades Balangan dari DPMD ke sarintelkam polres Balangan 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Perhelatan tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Balangan terus berlangsung. Pelaksanaan Pilkades ini rencananya akan digelar pada 17 November 2021 mendatang.

Sejumlah tahapan telah dilangsungkan oleh panitia Pilkades di masing-masing desa yang melaksanakan. Di Kabupaten Balangan, terdata ada 19 desa yang akan memiliki kepala desa baru.

Perhari ini, Selasa (21/9/2021), panitia Pilkades di desa dijadwalkan untuk melakukan pengumuman hasil penelitian persyaratan bakal calon kepala desa. Hal itu disampaikan oleh Kabid Administrasi Pemerintahan dan Penataan Desa pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Hudi Darmawan.

Sementara pelaksanaan pendaftaran sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu yang sempat diperpanjang hingga 20 September kemarin karena ada satu desa dimana bakal calon hanya satu orang.

Baca juga: Tiga Desa akan Terapkan e-Voting dalam Pilkades Serentak 64 Desa di Tabalong

Baca juga: Pilkades Enam Kabupaten Ditunda Karena PPKM, Ratusan Jabatan Kades di Kalsel Kosong

Baca juga: Enam ASN Ikut Mendaftar Jadi Bakal Calon Pilkades Serentak di Tabalong

Baca juga: 64 Desa di Tabalong Gelar Pilkades Serentak, 3 Desa Perpanjang Masa Pendaftaran Bakal Calon Kades

Tahapan berikutnya jelas Hudi dijadwalkan pada tanggal 22 hingga 24 September mendatang. Agenda tersebut yakni tahapan sanggahan atau keberatan atas hasil penelitian persyaratan bakal calon yang diputuskan panitia oleh bakal calon.

Kemudian, tanggal 25 hingga 28 September penyelesaian keberatan bakal calon, dan berlanjut seleksi tambahan jika ada lima calon lebih pada tanggal 29 hingga 30 September.

Apabila semua tahapan seleksi pendaftaran telah rampung ucap Hudi, maka akan berlanjut pada penetapan bakal calon yang dilakukan pada 1 Oktober. Sekaligus pengundian dan penetapan nomor urut calon.

"Sejauh ini semua tahapan sudah terlaksana secara lancar, tertib dan aman. Kami juga terus monitoring pelaksanaannya pada 19 desa yang menggelar," ucap Hudi.

Sebagaimana diketahui, dari 19 desa yang menggelar Pilkades, lokasi terbagi pada enam kecamatan.

Pada wilayah Kecamatan Paringin ada empat desa, kemudian Paringin Selatan, satu desa, Batu Mandi, satu desa, Lampihong, delapan desa, Kecamatan Awayan, dua desa dan Kecamatan Halong sebanyak tiga desa.

Adapun daftar desa yang melangsungkan Pilkades pada tahun 2021 yakni Desa Mangkayahu, Lok Batung, Lamida Bawah, Sungai Ketapi. Kemudian Desa Lingsir, Kusambi Hilir, Kusambi Hulu, Mundar, Ilir Pasar, Lampihong kiri, Lok Panginangan, Lampihong Selatan dan Teluk karya.

Sementara pada Kecamatan Batu Mandi yakni Mampari, dan Kecamatan Halong ada Desa Halong, Buntu Pilanduk dan Marajai. Kemudian pada Kecamatan Awayan yakni Desa Pematang dan Beramban. (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved