Breaking News:

Berita Tanahlaut

Manfaatkan Limbah Pertanian, Bappelitbang Kabupaten Tapin Gandeng Politala Kalsel

Kerja sama pemanfaatan limbah pertanian ditandatangani pimpinan Bappelitbang Kabupaten Tapin dan Politala di Kota Pelaihari, Kabupaten Tala, Kalsel.

Penulis: Idda Royani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ROY
Rombongan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Tapin melihat perlengkapan pembuatan biogas di Kampus Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala), Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (22/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel), bakal mengolah limbah pertanian jadi biogas.

Guna melancarkan program bioenergi tersebut, mereka menggandeng perguruan tinggi di Kabupaten Tanah Laut (Tala), yakni Politeknik Negeri Tanahlaut (Politala), Kalsel.

Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) pun ditandatangani kedua pihak, Rabu (22/9/2021), di Kampus Politala, Jalan A Yani, Desa Ambungan, Kota Pelaihari, Kabupaten Tala.

Penandatanganan dokumen kerja sama itu langsung dilakukan petinggi kedua institusi, yakni Kepala Bappelitbang Kabupaten Tapin, Zainal Aqli dan Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein, disaksikan Ketua Dewan Penyantun Politala, Dr H Sihabuddin Chalid.

"Kami ingin memulai memanfaatkan limbah pertanian menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Kami menggandeng Politala karena di kampus ini memiliki SDM dan peralatannya," ucap Aqli.

Baca juga: VIDEO Huni Rumah Reot, Tiap Malam Acil Eper di Tanahlaut Ngungsi Tidur

Baca juga: Politala Tegaskan Kesiapan Membantu Tanbu Majukan Politeknik di Bumi Bersujud

Selain itu, kerja sama tersebut juga pada bidang teknologi digital yakni Electronic Sustainable Tapin Research.

"Intinya, seperti perpustakaan digitallah, terkait riset-riset, sehingga bisa dimanfaatkan semua pihak seperti masyarakat umum, instansi maupun akademisi," sebut Riri M dari Bappelitbang Kabupaten Tala.

Dosen agroindustri Politala yang dipercaya menganani kerja sama tersebut, Meldayanoor, menerangkan, pihaknya sangat siap membantu Bappelitbang Tapin memanfaatkan limbah pertanian.

"Termasuk limbah rumah tangga dan limbah ternak. Semua bisa kami olah menjadi biogas yang kelak bisa menjadi alternatif bagi masyarakat Tapin untuk mencukupi keperluan gas elpiji," sebutnya.

Dikatakannya, peralatan untuk pembuatan biogas telah ada. Sebelum nanti didrop ke Kabupaten Tapin, lebih dulu sekitar 21 hari akan diujicoba pembuatan biogas di kampus Politala.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Tapin, Zainal Aqli, dan Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala), Dr Hj Mufrida Zein, menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU untuk pengembangan bioenergi dan teknologi digital di Kampus Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala), Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (22/9/2021).
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Tapin, Zainal Aqli, dan Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala), Dr Hj Mufrida Zein, menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU untuk pengembangan bioenergi dan teknologi digital di Kampus Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala), Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (22/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/ROY)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved