Breaking News:

Berita Banjarbaru

PLN Kalselteng Siap Pasok Listrik Kawasan Food Estate Kalteng

GM PLN UIW Kalselteng, Tonny Bellamy, sebut akan beri dukungan distribusi listrik untuk memasok lahan seluas 20.000 Hektare di food estate Kalteng.

PT PLN (PERSERO) UIW KSKT
Jaringan listrik yang terpasang di lokasi Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) telah menyiapkan infrastruktur guna mendukung program food estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kuala Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah.

Diketahui, program food estate Kalteng yang menjadi salah satu program utama pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Disampaikan GM PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy,  salah satu kunci pengembangan food estate adalah dukungan infrastruktur jaringan distribusi tenaga listrik untuk memasok listrik pada lahan seluas 20.000 Hektare (ha).

"Sebagai wujud dukungan PLN dalam program food estate di Kalimantan Tengah, PLN telah menyiapkan infrastruktur jaringan distribusi listrik berupa Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 55,7 Kilometer Sirkuit (KMS), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 59,7 KMS dan Gardu Distribusi sebanyak 29 Unit," ungkap Tonny, Rabu (22/9/2021).

Pihaknya memastikan infrastruktur pendukung kelistrikan di kawasan food estate, yang berada di Desa Dadahup, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Pulang Pisau dan Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau sudah siap beroperasi.

Lebih lanjut, Tonny mengatakan, infastruktur yang telah dibangun tersebut disiapkan untuk memenuhi keperluan listrik lokasi food estate. Serta ke depannya akan dibangun menyesuaikan dengan potensi kebutuhan listrik di lokasi tersebut.

"Listrik di lokasi tersebut siap digunakan, dan PLN akan terus menambah pasokan listrik seiring dengan peningkatan kebutuhan listrik di lokasi food estate," papar Tonny di kantornya, Banjarbaru.

Keandalan listrik di food estate, terangnya, menjadi bentuk dukungan dari PLN terhadap kesuksesan dari program pemerintah tersebut.

"Kami mendukung dengan keandalan pasokan listrik yang mumpuni, harapan kami kawasan ini akan semakin berkembang," terangnya.

Selain itu, Tonny menjelaskan, saat ini Kelistrikan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah terbagi dalam 4 subsistem (isolated).

Serta, Sistem besar yang telah interkoneksi dengan sistem Barito – Mahakam dengan daya mampu pasok 1.793 MW (Mega Watt), rata-rata beban puncak sebesar 1.237 MW, sehingga memiliki cadangan sebesar 555 MW. (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved