Breaking News:

Berita Tapin

VIDEO Ketua TP PKK Kabupaten Tapin Buka Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal

Tim Penggerak PKK Tapin bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tapin menggelar kegiatan Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Tim Penggerak PKK Tapin bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tapin menggelar kegiatan Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal dan Penyuluhan Pangan B2SA bertempat di Gedung Sekretariat TP PKK Tapin. Rabu, (22/09/21).

Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal dan Penyuluhan Pangan B2SA tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Elliyani Arifin Arpan didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tapin Drs. H. Bastian M.Ap., serta dihadiri Instruktur dan peserta pelatihan.

Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Elliyani Arifin Arpan mengatakan, kegiatan seperti ini sangat positif dan bermanfaat sekaligus membuka ruang untuk mensosialisasikan pentingnya pemenuhan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

"Kajian ilmiah menunjukkan bahwa untuk hidup sehat dan produktif itu manusia memerlukan sekitar 45 jenis zat gizi dari makanan yang dikonsumsi," ujarnya.

Ia mengatakan pola konsumsi pangan merupakan perilaku penting yang dapat mempengaruhi gizi seseorang, tidak berlebihan dan tidak kekurangan, keperluan gizi itu dalam jumlah cukup saja.

Sementara itu, Agus Gazali Rahman, S.Pd selaku nara sumber mengatakan pelatihan pengelolaan pangan lokal ini lebih fokus menggunakan bahan dasar pelatihan dari tepung mocaf yang kemudian diolah menjadi menu masakan mie.

"Penggunaan pangan lokal hasil kebun atau pekarangan seperti singkong bisa lebih ditingkatkan sehingga dapat mendukung diversifikasi pangan dengan sasaran peningkatan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) yang berbasis sumber daya pangan lokal," jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved