Breaking News:

Kampusiana

Wakil Rektor III Uniska MAB Banjarmasin Janj Investigasi Dugaan Perlakuan Tak Patut pada Mahasiswi

Bidang Kemahasiswaan Uniska MAB Banjarmasin selidiki laporan pelecehan kepada mahasiswi dan bila terbukti akan melakukan tindakan tegas.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD RAHMADI
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Uniska MAB Banjarmasin, Idzani Muttaqin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bidang Kemahasiswaan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (Uniska MAB) Banjarmasin melakukan kroscek, terkait informasi oknum yang melakukan tindakan tak pantas kepada mahasiswi yang bertanya persyaratan beasiswa.

Dijelaskan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Uniska MAB Banjarmasin, Idzani Muttaqin, pihaknya khawatir kejadian tersebut melibatkan pihak luar, namun mengatasnamakan Bidang Kemahasiswaan.

Sebab menurutnya, sudah pernah terjadi beberapa kali penipuan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab  dengan modus bisa memberikan beasiswa.

"Karena sebelumnya juga ada beberapa kejadian yang mengatasnamakan pihak Kemahasiswaan, ternyata setelah kami cek adalah orang luar. Dia menipu soal beasiswa, jadi si pelaku itu minta uang ke mahasiswa," kata Muttaqin.

Baca juga: Mahasiswa di Banjarmasin Ini Diperlakukan Tak Pantas Oleh Oknum Kemahasiswaan, Begini Respon BEM

Sementara itu, terkait laporan tindakan tidak pantas oleh oknum staf kemahasiswaan, Muttaqin mengaku baru pertama ini mendapatkan.

"Biasanya ada laporan penipuan uang. Kalau yang soal ada dugaan indikasi pelecehan seksual, baru ada, kalau ini," ujarnya.

Meski demikian, Muttaqin mengaku bakal melakukan investigasi terkait kebenaran kejadian tersebut.

Agar berjalan dengan lancar, Muttaqin mengimbau agar mahasiswi yang bersangkutan bisa melapor ke Bidang Kemahasiswaan.

"Biasanya, investigasi bisa berjalan sampai tiga bulan. Biar lancar, sebaiknya mahasiswi itu melapor ke sini. Mengenai identitas, kami jamin akan dirahasiakan," janjinya.

Baca juga: Tanya Beasiswa, Mahasiswi di Banjarmasin Ini Diperlakukan Tak Pantas Oleh Staf Kemahasiswaan

Setelah investigasi membuahkan hadil dan menemukan terbukti benar oknum staf kemahasiswaan melakukan hal tersebut, maka pihaknya akan memberikan surat teguran.

"Kalau terbukti, akan kami tindak. Biasanya dipanggil dulu dan diberi surat teguran. Namun bila sudah keterlaluan merusak nama baik kampus, kalau memang perlu, tidak menutup kemungkin akan kami bawa ke ranah hukum," tegasnya.

Di sisi lain, Muttaqin menegaskan, pihaknya tidak pernah sekalipun meminta imbalan dalam bentuk apapun, perihal pemberian beasiswa.

"Terkait beasiswa, Uniska memiliki seleksi persyaratan yang ketat, sesuai aturan yang sudah disampaikan oleh LLDIKTI. Meski di kampus sudah menyetujui beasiswa, belum tentu juga disetujui oleh LLDIKTI. Jadi, tidak bisa seenaknya seorang staf di kampus memberikan beasiswa begitu saja," terang Muttaqin.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved