Breaking News:

Berita Balangan

Gencar Laksanakan PTSL, Kantor Pertanahan Balangan Siap Serahkan 5.500 Sertifikat Kepada Masyarakat

Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan telah menyelesaikan 5.500 sertifikat PTSL dan siap diserahkan kepada masyarakat

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan, Didik Prasetyo Widianto menyerahkan sertifikat program PTSL kepada masyarakat, Jumat (24/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)  dari Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan hingga kini masih terus berjalan.

Kali ini, terdata ada 5.500 sertifikat telah diselesaikan dan siap untuk diserahkan kepada masyarakat. 

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan, Didik Prasetyo Widianto, menerangkan, untuk program PTSL tahun 2021 dari target 5.900, telah diselesaikan sebanyak  5.500 sertifikat yang siap untuk diserahkan kepada penerima.

"Sebagai tonggak awal dari pelayanan sertifikat secara elektronik, masyarakat bisa berpartisipasi mendaftarkan tanahnya dan mendukung program pemerintah melalui program PTSL," ucap Didik saat ditemui usai acara peluncuran Aplikasi Loketku bertepatan dengan HUT ke-61 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA), di Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Kunjungi Kantor Pertanahan Tanahlaut, Kanwil BPN Kalsel Minta Penyelesaian PTSL Tepat Waktu

Baca juga: Seratus Lembar Sertifikat Gratis Program PTSL Bagi Warga Marang Palangkaraya

Baca juga: Tim Ajudikasi dan Satgas PTSL Dilantik, Target 4.000 Sertifikat Gratis Selesai di Balangan

Terlebih,  untuk pengukuran tanah, kini sudah berjalan pada 40 desa. Dimana dalam prosesnya ada petugas yang dikerahkan. 

Melalui program tersebut, Didik masyarakat dapat mendaftarkan tanahnya. Sehingga bisa memberikan kepastian hukum terkait kepemilikan tanah. Serta memberikan akses untuk permodalan dalam meningkatkan taraf hidup bagi masyarakat Balangan khususnya.

Pada kesempatan yang sama, Didik juga menjelaskan tentang aplikasi Loketku yang bisa digunakan oleh masyarakat dan didapat di app store. 

Loketku merupakan aplikasi berbasis website untuk layanan mandiri pertanahan online bagi masyarakat. Masyarakat dapat mendaftarkan berkas permohonan layanan pertanahan di seluruh kantor pertanahan se Indonesia dari rumah.

Keberadaan Loketku ucap Didik merupakan upaya Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. 

Baca juga: Penyerahan Sertifikat Tanah PTSL di Loktabat Utara, Aparat Kelurahan Terapkan Protokol Kesehatan

Sementara itu, Wakil Bupati Balangan, Supiani yang menghadiri acara HUT ke-61 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) memberikan apresiasi terhadap semua program pelayanan yang diberikan. 

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya terkait agraria. Sehingga masyarakat diajak untuk lebih dini mengantisipasi terjadinya permasalahan hak atas tanah dengan segeranya membuat sertifikat. 

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved