Breaking News:

Kebun Raya Banua

VIDEO Wisata Kalsel, Kebun Raya Banua di Banjarbaru Jadi Sarana Edukasi

Wisata Kalsel. Kebun Raya Banua di Jalan Aneka Tambang Cempaka, Kota Banjarbaru, memberikan pengetahuan luas mengenai tanaman bagi para pengujung.

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Wisata Kalsel. Berlibur tidak hanya bisa dilakukan dengan mendatangi suatu tempat yang hanya menyediakan atau menyuguhkan keindahan alam saja, tetapi bisa sekaligus mendapatkan edukasi.

Seperti halnya salah satu tempat yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), yaitu Kebun Raya Banua di Jalan Aneka Tambang Cempaka, Kota Banjarbaru.

Selain menyuguhkan keindahan alam, udara yang sejuk, tempat yang nyaman, Kebun Raya Banua turut memamerkan sangat banyak jenis tanaman unik dan menarik.

Kepala UPT Kebun Raya Banua, Agung Sriyono, Jumat (24/9/2021), mengatakan kepada Banjarmasinpost.co.id, pengunjung bisa menikmati keindahan tempat tersebut sekaligus mengeksplor keunikan yang ada.

"Pengunjung bebas bersantai dan mengeksplore Kebun Raya Banua," kata Agung.

Baca juga: Wisata Kalsel, Taman Van der Pijl, RTH di Tengah Kota Banjarbaru Cocok untuk Bersantai

Baca juga: Wisata Kalsel, Mengenal Arsitektur Banjar Melalui Bentuk Gedung Pemprov

Kebun ini juga digunakan sebagai konservasi, penelitian, pendidikan serta jasa lingkungan.

"Untuk konservasi, pengunjung bisa melihat koleksi beberapa tanaman khas Kalimantan Selatan yang ditempatkan di 12 zona koleksi," sebutnya.

Disebutkannya, ada tumbuhan kayu, buah, aromatik, tumbuhan obat dan masih banyak lagi.

Kebun Raya Banua memiliki banyak fungsi, tidak heran  menjadi salah satu tempat yang dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan, masyarakat umum hingga mahasiswa yang ingin melakukan penelitian.

"Mahasiswa yang berkunjung, biasanya ingin melakukan penelitian yang datang atau praktik kerja lapangan. Kalau  pelajar masih belum ada karena memang belum ada pembelajaran tatap muka," bebernya.

Kepala UPT Kebun Raya Banua, Agung Sriyono.
Kepala UPT Kebun Raya Banua, Agung Sriyono. (BANJARMASINPOST.CO.ID/SITI BULKIS)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved