Breaking News:

Berita Banjarmasin

Rangkaian Dies Natalis ke- 63, ULM Gelar Turnamen Catur Cepat Terbatas Rektor Cup ke- 6

Bekerjasama dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel, Turnamen Catur Cepat Terbatas Rektor Cup ke-6 Univ

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi
Turnamen Catur Cepat Terbatas Rektor Cup ke 6, rangkaian kegiatan Dies Natalis ULM ke 63. Sabtu (25/9/2021). 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bekerjasama dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel, Turnamen Catur Cepat Terbatas Rektor Cup ke-6 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) tahun 2021 kembali digelar.

Rektor Cup 2021 ini merupakan rangkaian dari peringatan Dies Natalis ULM yang ke 63. Kegiatan ini secara resmi dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof Dr H Sutarto Hadi, M Si, M Sc di Lecture Library Building ULM, Sabtu (25/9/2021).

Di bawah komanda Rektor ULM, Prof Sutarto, yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel.

Agenda ini merupakan turnamen pertama Pasca terbentuknya kepengurusan Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Kalsel.

Baca juga: Hadapi Porprov HSS, Tim Catur NPC Banjarmasin Intensif Dilatih Pecatur Kalsel Bergelar Master Fide

Baca juga: Sutarto Hadi Menjabat Ketua Umum Percasi Kalsel 2021-2025, Siap Mengembalikan Kejayaan Catur

Baca juga: Anggota Klub Catur Pion Mas Martapura Terus Berlatih Catur

Baca juga: Percasi Kalsel Apresiasi Keberhasilan Tim di Kejuaraan Catur Beregu Online Nasional

"Dengan event ini, kami berharap para pecatur bisa mendapatkan pengalaman bertanding. Karena pengalaman bertanding itu penting," kata tutur Sutarto Hadi.

Momentum kejuaraan ini juga sekaligus sebagai ajang seleksi pecatur potensial. Para juara nantinya akan disiapkan untuk ikut serta dalam berbagai ajang catur di tingkat nasional.

"Kami berniat, juara-juara turnamen disiapkan untuk mengikuti kejuaraan yang levelnya lebih tinggi, yakni level nasional," ujarnya.

Turnamen yang digelar selama dua hari, yakni pada tanggal 25-26 September ini terbuka untuk umum. Mengusung sistem Swiss manajer tujuh babak pada fase penyisihan.

Masing-masing Poll akan diambil empat orang teratas, yang kembali bertanding di babak final dengan sistem gugur.

Sementara itu ketua panitia pelaksana yang juga merupakan ketua Harian Percasi Kalsel, HM Amin mengatakan, turnamen ini diikuti oleh 156 orang peserta, dengan rincian 153 peserta dari Kalsel dan 3 orang peserta dari kalteng.

"Babak penyisihan dibagi menjadi 4 pool. Pool A diikuti 42 peserta, poll B 42 peserta, pool C 42 peserta, dan poll D 30 peserta. Khusus untuk Poll D, pesertanya adalah pecatur Putri dan pecatur junior. Kenapa demikian, kami ingin di babak gugur ada pemain putri dan junior yang bersaing," ujar HM Amin.

Guna menghindari kerumunan yang bisa menimbulkan klaster baru penyebaran covid-19, pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi 3 tempat.

Masing-masing tempat menggunakan ruangan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dari panitia. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved