Breaking News:

Fakultas Kedokteran ULM

Tim Fakultas Kedokteran ULM Kunjungi RSUD H Damanhuri Barabai

Visitasi FK ULM di RSUD H.Damanhuri Barabai untuk memperluas wahana pendidikan berupa jejaring rumah sakit pendidikan di Kalimantan.

Editor: Eka Dinayanti
Fakultas Kedokteran ULM
Visitasi FK ULM ke RSUD H. Damanhuri Barabai Hulu Sungai Tengah diselenggarakan secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat 

Penulis: dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Unit Pengelola Kerja Sama dan Humas FK ULM/ Program Studi Kedokteran Program Sarjana FK ULM

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI – Dalam rangka visitasi kerja sama rumah sakit pendidikan satelit, Tim Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM) kunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Damanhuri Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada Jumat (24/09/2021).

Pertemuan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran ULM, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kedokteran ULM beserta jajarannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sekaligus Dewan Pengawas Rumah Sakit, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Direktur RSUD H. Damanhuri Barabai beserta jajarannya.

Sambutan Dekan FK ULM, Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes., Sp.F, S.H
Sambutan Dekan FK ULM, Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes., Sp.F, S.H (Fakultas Kedokteran ULM)

Kegiatan diselenggarakan secara luring di RSUD H. Damanhuri Barabai Hulu Sungai Tengah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dekan FK ULM, Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes., Sp.F, S.H menyampaikan bahwa visitasi FK ULM di RSUD H.Damanhuri Barabai ini bertujuan untuk memperluas wahana pendidikan berupa jejaring rumah sakit pendidikan di Kalimantan.

“Insya Allah mahasiswa Pendidikan Dokter Spesialis akan turut memberikan pelayanan dan menjalani pendidikan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” ujarnya.

Direktur RSUD H.Damanhuri Barabai, dr.Nanda Sujud Andi Yudha Utama, Sp.B, pada pemaparan situasi RSUD H.Damanhuri
Direktur RSUD H.Damanhuri Barabai, dr.Nanda Sujud Andi Yudha Utama, Sp.B, pada
pemaparan situasi RSUD H.Damanhuri (Fakultas Kedokteran ULM)

Direktur RSUD H.Damanhuri Barabai, dr.Nanda Sujud Andi Yudha Utama, Sp.B, pada pemaparan situasi RSUD H.Damanhuri sebagai rumah sakit pendidikan menyampaikan bahwa pihak RS perlu mempersiapkan konsekuensi untuk menjadi rumah sakit pendidikan.

Karena akan banyak komponen yang dinilai, diantaranya adalah komponen proses pelatihan klinik dan assessment klinik.

Dekan FK ULM, Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes., Sp.F, S.H dan Direktur RSUD  H.Damanhuri Barabai, dr.Nanda Sujud Andi Yudha Utama, Sp.B beserta tim dalam kegiatan visitasi rumah sakit pendidikan satelit
Dekan FK ULM, Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes., Sp.F, S.H dan Direktur RSUD H.Damanhuri
Barabai, dr.Nanda Sujud Andi Yudha Utama, Sp.B beserta tim dalam kegiatan visitasi
rumah sakit pendidikan satelit (Fakultas Kedokteran ULM)

Hasil visitasi akan dibuat laporan dan akan disampaikan kepada Bupati Hulu Sungai Tengah, harapannya mendapat persetujuan dari bupati.

Visitasi dilaksanakan oleh tim dari FK ULM, khususnya dari Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam (Dr. dr. Muhammad Darwin Prenggono, Sp.PD, K-HOM, FINASIM dan Dr. dr. Mohammad Rudiansyah, M.Kes., Sp.PD, K-GH, FINASIM), Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak (dr. Choirul Anam, Sp.A., M.Biomed), Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan (dr. Samuel Tobing, Sp.OG (K) dan dr. Ihya Ridlo Nizomy, Sp.OG (K), M.Kes), serta Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Bedah (Dr. dr. Hery Poerwosusanta, Sp.B, Sp,BA(K), FICS).
Secara umum, menurut laporan hasil visitasi yang disampaikan oleh tim, RSUD H.Damanhuri Barabai telah memenuhi syarat untuk menjadi rumah sakit pendidikan satelit.

Dekan Fakultas Kedokteran FK ULM, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni beserta jajarannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Direktur RSUD H.Damanhuri Barabai beserta jajarannya
Dekan Fakultas Kedokteran FK ULM, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni beserta
jajarannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kepala Dinas Kesehatan
Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Direktur RSUD H.Damanhuri Barabai beserta jajarannya
(Fakultas Kedokteran ULM)

Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki dan dilengkapi seperti sumber daya manusia, sarana dan prasarana.

Dr. dr. Didik Dwi Sanyoto, M.Kes., M.Med.Ed sebagai perwakilan dari Komite Koordinasi Pendidikan (Komkordik) RSUD Ulin Banjarmasin menyampaikan bahwa pelayanan, pendidikan dan juga penelitian merupakan prinsip yang harus dilaksanakan oleh rumah sakit pendidikan. (aol/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved