Breaking News:

Berita Banjarbaru

Sebanyak 5.000 Suvenir Khas Kalsel Disiapkan di MTQ ke-29 Tingkat Nasional

Panitia MTQ k-29 nasional siapkan 5 ribu suvenir untuk peserta yang akan berlomba di Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kota Martapura, Provinsi Kalsel.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
Tangkap layar Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo yang direncanakan panitia untuk membuka MTQ ke-29 tingkat nasional di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Suvernir khas Kalimantan Selatan bakal diberikan pada gelaran MTQ Nasional ke 29 yang akan digelar Agustus 2022.

Pelaksana Tugas Karo Kesra Provinsi Kalsel, Mustajab, Senin (27/9/2021), menyebut ada 5 ribu suvenir yang nantinya akan dibagikan kepada peserta dan pendamping MTQ Nasional 2022.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian Kalsel dan Dinas Perdagangan Kalsel agar nantinya UMKM bisa lebih ditingkatkan produksinya untuk mengisi permintaan suvernir pada MTQ nanti," jelasnya.

Suvernir khas Kalsel, di antaranya adalah hasil Kerajinan Purun dan produk dari daerah lainnya yang diharapakan bisa mengisi penyediaan suvenir nanti.

"Polanya masih kami pertimbangkan juga nanti. Kalau perlu, pemerintah kota dan kabupaten bisa mengirimkan suvenir andalan mereka," ujarnya.

Baca juga: Korupsi Kalsel : Digeledah Kejari Tanbu, Pintu Masuk Kantor Perusda BJU Dijaga Brimob

Baca juga: Ada Truk Melintas di Jembatan Alalak, Begini Penjelasan Kasatlantas Polresta Banjarmasin

Event berupa MTQ Nasional yang digelar di Kalsel, harap Mustajab, dapat membangkitkan perekonomian pasca pandemi.

Selain itu, produk UMKM di Kalsel juga lebih dikenal di nasional dan diharapkan dapat menambah peminat produk lokal khas Kalsel.

Terbaru, ujar Mustajab, Maluku Utara juga akan menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke 26 dengan gelaran normal dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Kalau mereka bisa menggelar secara normal dengan protokol kesehatan ketat, apalagi MTQ di Kalsel yang masih di 2022. Harapan kami, kasus Covid-19 di Kalsel benar-benar melandai," haranya.

MTQ Nasional ke 29 yang digelar di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kota Martapura, mendapatkan anggaran sebanyak Rp 63 miliar dari APBD Pemprov Kalsel.

Baca juga: Tegas Tolak Sertifikasi CHSE, Begini Alasan PHRI Kalsel

Baca juga: Polresta Banjarmasin Fasilitasi Penyaluran Bantuan Tunai, PKL Hingga Warung Dapat Rp 1,2 Juta

Venue yang akan dibuat nantinya berjumlah 13 buah, tersebar di tiga kota tersebut. Pembukaan rencananya oleh Presiden Joko Widodo dan penutupan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

"Lokasinya nanti di Masjid Agung Al Karomah Martapura," tambah Mustajab.

Selain itu, pawai taaruf dengan konsep Festival Pasar Terapung juga akan mengisi gelaran MTQ. 

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved