Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Suara Hati Warga Asamasam Tala Yang Jadi Langganan Banjir Kalsel

Asamasam di wilayah Kecamatan Jorong menjadi salah satu desa di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), yang rawan banjir.

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Asamasam di wilayah Kecamatan Jorong menjadi salah satu desa di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), yang rawan banjir.

Tiap terjadi hujan deras yang berlangsung sekitar dua hingga tiga jam, desa tersebut selalu terpapar banjir.

Terutama permukiman yang berada di bantaran sungai setempat yakni di lingkungan RT 5,6,7,8 dan 10. Tercatat sekitar 130 unit rumah warga yang kerap jadi langganan banjir.

Data dihimpun banjarmasinpost.co.id, Senin (27/9/2021), terkini permukiman di lima RT tersebut terluapi air sungai setempat pada 11 September 2021 lalu. Namun intensitas banjir tergolong ringan, tak separah sebelumnya. 

Lantaran sering kebanjiran, warga setempat tak kaget lagi saat terpapar banjir. Umumnya mereka memiliki apar-apar atau tempat meletakkan barang ketika banjir melanda.

Sebagian lagi membikin loteng sederhana. Meski begitu tetap saja banjir menyebabkan aktivitas mereka terganggu.

Setidaknya bepergian menjadi tidak lancar karena jalan lingkungan turut tenggelam. "Sampai sepinggang orang dewasa dan bahkan lebih genangannya di rumah saya, bahkan dulu hingga satu meter lebih. Kalau di jalanan ya tambah dalam genangannya," ucap Hadari, warga RT 6. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved