Breaking News:

Makanan Ringan Khas Kotabaru

Kerupuk dan Amplang Kotabaru Oleh-oleh Andalan Berkunjung ke Bumi Saijaan

Hasil laut melimpah menjadi berkah bagi warga dan UMKM Kotabaru untuk mengolah produk makanan ringan seperti kerupuk dan amplang ikan tenggiri.

Penulis: Herliansyah | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Salah satu pusat penjualan oleh-oleh khas Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Hasil laut melimpah di Bumi Saijaan ini menjadi berkah bagi warga dan UMKM setempat untuk mengolah produk makanan ringan seperti kerupuk dan amplang ikan tenggiri.

Kabupaten Kotabaru sebuah daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel). Kabupaten di ujung Tenggara Kalsel ini, selain daerah penyuplai ikan ke daerah-daerah Kalteng, Kalbar dan Kaltim.

Produk menjadi khas Kabupaten Kotabaru seperti amplang, kerupuk dan produk-produk lainnya yang diolah dari hasil laut dengan bahan baku ikan.

Amplang maupun kerupuk makanan ringan paling digemari. Selain buat oleh-oleh, penganan ini juga sangat pas untuk pendamping makanan pokok (nasi).

Baca juga: Vaksinasi di Banjarmasin Berlanjut, Giliran Ratusan Buruh Perusahaan Karet Divaksin Covid-19

Baca juga: Keluhkan Jalan Gubernur Syarkawi, Pertamina Berharap Truk BBM dan LPG Bisa Melintas Jembatan Alalak

Baca juga: Update Covid-19 Kotabaru: Sembuh 2, Positif Baru 2, Total Meninggal 140 Orang

Ada beberapa jenis amplang atau kerupuk, selain berbahan ikan. Ada juga berbahan hasil laut yang lain, misal udang. Tinggal konsumen memilih produk mana paling digemari.

Amplang atau kerupuk dijadikan sebagai makanan pendamping makanan pokok, karena rasanya yang khas berbahan ikan tenggiri.

Dengan rasa kegurihannya yang khas itulah, produk amplang atau kerupuk terus eksis. Terbukti banyaknya UMKM mengolah produk dengan brand yang berbeda-beda. Di antaranya, kerupuk dan amplang brand Saijaan.

Bukti eksistensi salah satu produk lokal khas Kotabaru ini masih menjadi primadona, menyusul banyaknya tempat atau toko/kios menyediakan produk tersebut. Harganya pun relatif terjangkau. Kisaran antara Rp 60 ribu Hingga Rp 110 ribu.

Salah satu toko Ka-Tojoe. Di toko yang beralamat di Jalan H Agus Salim, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulaulaut Sigam ini, selain ada menyediakan makanan ringan khas Kotabaru.

Tapi pusat oleh-oleh khas Kotabaru ini juga menyediakan produk UMKM lainnya misal, kain sasirangan khas Kotabaru, plakat, boneka maskot, sendal dan banyak lagi yang lainnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved