Breaking News:

Berita Tala

Pasca TMMD, Tentara Tanahlaut Berencana Lanjutkan Jalan Tembus Kabupaten Tala-Banjar

Jalan tembus Kabupaten Tanahlaut (Tala)-Banjar kini telah terbuka melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1009/Tanah Laut

Penulis: Idda Royani | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Rombongan Irdam VI/Mulawarman lancar melenggang menapaki jalan tembus Tala-Banjar di Dusun Riam Pinang, 7 Juli 2021 lalu. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Jalan tembus Kabupaten Tanahlaut (Tala)-Banjar kini telah terbuka melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1009/Tanah Laut (TLa) yang dilaksanakan dua bulan lalu.

Meski kegiatan TMMD telah berakhir, namun keberadaan akses alternatif tersebut menjadi perhatian khusus Kodim 1009/TLa. Mereka berencana bakal melanjutkannya agar jalan tembus tersebut bisa segera dilintasi secara memadai.

Kalangan warga di dua daerah terutama mereka yang bermukim di wilayah perbatasan pun mendambakan hal tersebut. "Memang sudah tembus jalannya, alhamdulillah. Tapi masih belum nyaman dilewati karena kan masih berupa tanah. Apalagi kalau sering hujan seperti sekarang," ucap Ahmadi, warga Pelaihari, Selasa (28/9/2021).

Ia berharap pascakegiatan TMMD, jalan tembus tersebut terus diperhatikan oleh pemerintah daerah agar bisa sesegeranya dilintasi secara mudah dan nyaman. Setidaknya, tinggal pelanjutan dari Pemkab Banjar.

Baca juga: Hadirkan Satbinmas, Satgas TMMD Ke-112 Kodim HST Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba

Baca juga: Satgas TMMD ke 1112 Kodim 1002 HST Ajari Anak-anak Baca Alquran

Baca juga: TMMD ke- 112 di HST, Anak-anak Kasarangan Antusias ke Perpusling

Baca juga: Maksimalkan Tenaga dan Waktu, Dansatgas TMMD ke-112 di HST Optimistis Capai Target 100 Persen

Sekadar diketahui, jalan tembus itu berada di wilayah Tala berada di Dusun Riampinang, Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin. Sedangkan di wilayah Banjar berada di wilayah Kampung Sungaitabuk, Desa Kiram, Kecamatan Karangintan.

Pada kegiatan TMMD ke-111 selama satu bulan sejak 15 Juni hingga 14 Juli 2021 lalu, anggota Kodim 1009/TLa dibantu warga dan instansi terkait membuka badan jalan sejauh 7,2 kilometer hingga di titik perbatasan dengan wilayah Kabupaten Banjar.

Satu kilometer di antaranya bahkan langsung diperkeras mulai dari ujung permukiman di Riampinang. Selanjutnya masih berupa jalan tanah yang masih labil meski telah dipadatkan menggunakan alat berat. Apalagi di beberapa tempat berupa tanjakan curam sehingga masih rawan terjadi gerusan saat penghujan.

Dandim 1009/TLa Letkol Inf Muhammad Arlutfi Nugroho menegaskan pihaknya akan melanjutkan penanganan jalan tembus tersebut. "Kami berkeinginan agar jalan tembus itu dapat segera dilewati secara nyaman sehingga dapat langsung dinikmati masyarakat," ucapnya.

Perwira menengan yang baru saja bertugas di Tala ini mengatakan kelak penangannya melalui program Karya Bhakti. "Saat ini sedang direncanakan, mudah-mudahan akhir tahun ini atau tahun depan bisa dilanjutkan," tandas Arlutfi.

Meski saat ini kondisi jalan tembus tersebut masih sepi. Namun menurutnya jika badan jalan tersebut telah tersambung secara memadai hingga ke wilayah Banjar, tentu masyarakat akan melintasinya.

Hal itu dengan sendirinya bakal memacu perekonomian masyarakat dan daerah. Apalagi ada objek wisata menarik di dua wilayah yang terhubung. Di Kecamatan Bajuin ada objek wisata air terjun, sedangkan di Kiram (Banjar) ada wisata Kiram Park.

Pantauan banjarmasinpost.co.id beberapa waktu lalu saat menapaki jalur tersebut hingga ke perbatasan merasakan sendiri kondisi badan jalan tersebut masih belum sepenuhnya stabil. Di beberapa tempat masih perlu pembenahan terutama di area tanjakan curam dan di bentang jalan yang sisi tepinya berupa jurang.

Bupati Tala HM Sukamta pun menaruh harapan besar terhadap keberadaan jalan tembus itu. Orang nomor satu ini berobsesi jalan tersebut kelak menjadi koridor Utara-Timur Tala dan menjadi badan jalan vital lalu lintas antarprovinsi.
(banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved